maap,mau sedikit bertanya lagi.Tentang sekte-sekte itu cara tahunya
gimana,soalnya saya sendiri daoist tapi tidak tahu yang aliran
mana,kitabnya pun saya tidak pernah tahu,tapi orang tua saya bilang
kalo taoist saya bukan taoist yang sesat atau ayng dukun-
dukunan.Walaupun tahu kalo saya aliran yang benar,saya tidak akan
tahu aliran apa yang saya anut ini,tolong bantuanya ya,makasih

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "perfect_harmony2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> 1.yang disebut ZhengTong DaoJiao atau DaoJiao mainstream. Misalnya
> sekte ShangQing , sekte QuanZhen , sekte ZhengYi.
> Ada sekitar 86 sekte mainstream yang terbagi menjadi 2 aliran
utama
> yaitu sekte QuanZhen dan ZhengYi.
> 2.MinJian DaoJiao atau agama Tao rakyat.
>
> Mengenai baik buruk , seingat saya yang menjadi tolok ukur adalah
> kitab-kitab yang digunakan serta pengakuan terhadap 3 pusaka.
> 3 pusaka itu terbagi menjadi :
> 1.Dao , Jing (kitab) , Shi (guru dan para sesepuh)
> 2.SanQing atau Tri Murni , YuanShi TianZun , LingBao TianZun ,
DaoDe
> Tian Zun.
> 3.3 perilaku utama , Ci (welas asih) , Jian (sederhana , rendah
> hati) , BuGan WeiTian XiaXian (tidak memaksakan kehendak atau
tidak
> mendahului dunia).
>

> hormat saya ,
>

> Xuan Tong
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "rockit_launcha"

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/YNG3nB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM