sdr.Rockit ,

mengenai ciri spesifik sekte-sekte itu amat luas sekali.

Secara umum kitab-kitab yang dipergunakan adalah TaiShang GanYing
Bian , Dao De Jing , Qing Jing Jing , TaiShang XuanLing BeiDou
BenMing YanSheng ZhenJing , TaiPing Jing , dan masih banyak lagi
kitab-kitabnya.
Kitab YinFu Jing , CongLv WenDao Lu , Tai Xi Jing adalah sebagian
dari kitab-kitab yang berkaitan dengan pelatihan diri.
Kitab Taoism dicanonisasi dan disebut DaoZhang.
Jadi secara umum kitab-kitab yang ada dalam DaoZhang maka akan
diakui sebagai salah satu kitab suci Taoism.

Mengenai aliran , bisa anda tanyakan aliran apa kepada orang tua
anda.
Bisa juga dengan melihat apakah memiliki Lu atau Jie ?
Lu adalah semacam pengesahan bagi sekte ZhengYi dan Jie bagi sekte
QuanZhen. Secara umum mereka yang telah menerima Lu atau Jie ini
bisa dikatakan adalah taoist.
Dan setahu saya di Indonesia tidak ada daoshi (cat:pendeta Tao) yang
bisa memberikan jie. Yang terdekat adalah di Singapore dan untuk LU
itu harus di pusat ZhengYi yaitu gunung LongHu di JiangXi.
Juga kitab-kitab yang menjadi acuan apa saja ? Apakah membaca BaDa
ShenZhou atau membaca QingJing Jing ?
Yang mana sepanjang yang saya tahu seorang Taoist harus mengingat
dan menghayati BaDaShenZhou itu. Dan aliran ZhengYi maupun QuanZhen
mengenal BaDa ShenZhou.
Tapi di Taiwan ada beberapa aliran yang termasuk Taoism rakyat juga
menggunakan BaDa ShenZhou.

hormat saya ,

XuanTong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "rockit_launcha"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> maap,mau sedikit bertanya lagi.Tentang sekte-sekte itu cara
tahunya
> gimana,soalnya saya sendiri daoist tapi tidak tahu yang aliran
> mana,kitabnya pun saya tidak pernah tahu,tapi orang tua saya
bilang
> kalo taoist saya bukan taoist yang sesat atau ayng dukun-
> dukunan.Walaupun tahu kalo saya aliran yang benar,saya tidak akan
> tahu aliran apa yang saya anut ini,tolong bantuanya ya,makasih
>
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "perfect_harmony2000"

Misalnya
> utama

> DaoDe
> tidak

> jiao.Aku
> atau
> aja

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM