Frederik,

Kembali kepada masalah teori, karena peta migrasi manusia dari satu
tempat ke belahan bumi lainnya juga masih bersifat teori. Jadi, teori
tetap tinggal sebagai teori yang perlu diperdebatkan. Membahas masalah
ini, terlebih dahulu harus punya titik tolak yang sama.

Saya asumsikan titik tolak kita adalah bahwa kita sama2 setuju kalau
manusia modern berasal dari Afrika ditinjau secara saintifik, maka ada 3
rute yang menjadi teori "valid" saat ini.

1. Afrika - Semenanjung Arab - Yunnan - bercabang ke utara menuju
Tiongkok dan ke selatan menuju Indonesia. (Teori Out of Africa)

2. Afrika - (via Samudera India) - Jawa - Tiongkok. (Teori Rayne Kruger)

3. Afrika - Asia Kecil - Asia Tengah - Tiongkok - Taiwan - Indonesia
(Teori Out of Taiwan)

Rute ke-3 mendukung teori Out of Africa sebenarnya.

Semua rute migrasi di atas masih bersifat teori, tapi satu hal yang
pasti. Bahwa rute migrasi sebenarnya tidak menunjukkan bahwa suatu
bangsa adalah keturunan bangsa lainnya dan menyebabkan suatu bangsa
harus merasa superior dan bangsa lainnya harus inferior. Saya dalam
beberapa kesempatan pernah menolak pandangan bahwa karena bangsa
Indonesia asalnya dari Yunnan yang saat ini merupakan wilayah China
sehingga bangsa Indonesia itu sebenarnya adalah keturunan China. OK-lah,
kalaupun memang begitu kenyataannya, so what? Apakah lantas orang China
perlu merasa lebih superior? Tentu saja tidak.

Sama halnya Teori Out of Africa yang menyatakan bahwa nenek moyang
seluruh manusia modern di dunia adalah orang Afrika, ini tidak punya
arti apa2 selain cuma membuktikan bahwa leluhur pertama manusia modern
itu kebetulan bertahan hidup di Afrika dan menyebar ke seluruh dunia,
sedangkan manusia2 kuno di wilayah lainnya punah karena tak dapat
bertahan hidup. Orang Afrika sendiri belum tentu mau mengakui kita
sebagai keturunannya. Jadi, bagaimanapun rute migrasi itu, saya merasa
Frederik tidak usah terlalu memusingkan masalah ini. Mungkin tak dapat
menjawab keingin-tahuan kamu yang besar itu, namun jangan pernah surut
semangat untuk bertanya baik di milis maupun secara japri.

Rinto Jiang

rockit_launcha wrote:

> kepada saudara rinto,
>
> maaf Rinto,yang saya tanyakan bukanlah mitosnya,tetapi sejarahnya
> (secara ilmu),kan ada yang bilang dari afrika,ada yang bilang dari
> yunan,nah yang berlaku dan paling valid itu yang mana??
>
> terima kasih

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/YNG3nB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM