Harry-heng,

Bila mau belajar mandarin yang dianggap standar tentu pilihan pertama
adalah ke Beijing karena logat Beijing (dialek Utara) juga merupakan
logat standar bahasa mandarin sekarang ini.

1 tahun saya kira cukup untuk belajar putonghua buat fasih berkomunikasi
sehari2, artinya tidak untuk menjadi linguis atau ahli bahasa klasik.
Namun juga sangat tergantung bagaimana aplikasi dan praktik di sana
sehari2. Sebagai contoh, kasus saya di Taiwan, banyak teman saya tamatan
universitas (4 tahun) masih punya kesulitan membaca koran, karena
selepas kuliah mereka cuma memilih berkumpul bersama anak2 Indonesia
lainnya.

USD 20,000 koq sepertinya kemahalan, karena Taiwan dengan biaya hidup
demikian tinggi saja tidak semahal itu, tidak lebih dari USD 10,000
setahun. Itupun di Taipei yang biaya hidupnya paling mahal di Taiwan.
Apakah benar USD dan bukan RMB?

Rinto Jiang

harry alim wrote:

> yg terhormat para netters
>
> mohon bantuan info tentang belajar putonghua.
>
> berapa kira2 biaya yang dibutuhkan untuk belajar putonghua di beijing?
>
> apakah 1 tahun cukup untuk belajar putonghua, secara oral baca dan tulis?
> berapa kira kira biaya untuk itu ? biaya sekolah dan berapa biaya
> akomodasi?
> apakah selama sekolah bahasa bisa bekerja sambilan untuk membantu menutup
> biaya?
>
> memang saya sudah browsing dan mendapatkan data biaya sekolah setahun
> berkisar USD 2600 sampai USD 8000 tergantung tipe kursus yang dipilih dan
> [...]

Help the victims of the Pakistan/India earthquake rebuild their lives.
http://us.click.yahoo.com/it0YpD/leGMAA/E2hLAA/BRUplB/TM