kalau orang indonesia termasuk keturunan chinanya kurang tahu atau
kurang tertarik pada sejarah bangsanya, saya rasa yang patut
disalahkan itu kurikulum sekolah, guru dan pengarang buku pelajaran
sejarah itu. Memang dari dulu, entah sekarang, kita kan cuman
disuruh ngapali tahun, nama pahlawan, nama tempat pertempuran dan
sedikit sekali ceritanya.
Dulu sampai saya suka nyeseli kenapa buku sejarah itu enggak dibikin
komik aja jadi kita enggak tersiksa belajarinya.

Semoga jadi pemikiran ahli2 pendidikan kita.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, ANDREAS MIHARDJA
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sejarah yg tidak bias ditulis untuk kepentingan sejarah negara -
ini seharusnya ada didalam arsip national. ---- tetapi buku sejarah
disekolahan ditulis untuk kepentingan pemerintah.
>   Contoh buku sejarah jepang tidak menulis genocide di China-
Nanjing
>   Buku sejarah jaman belanda mengagumkan negara belanda yg dimata
China adalah negara bajak laut. Jadi apakah genocide terhadap PKI
dan penduduk cina diIndonesia akan ditulis didalam buku sejarah ? -
saya kira tidak mungkin.
>   Andreas
>
> Akhmad Bukhari Saleh <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Tentu yang dimaksudkan oleh Bangka lauwheng dan
Xiaolongni kouwnio dengan belajar sejarah itu bukan sekedar seperti
menghafal pelajaran sejarah di sekolah, tetapi belajar sejarah untuk
menghayati sejarah perjuangan para pendahulu, untuk menarik
pelajaran hidup daripadanya, dan untuk menjadikannya semangat dan
pendorong bagi pengabdian yang paripurna pada tanah air tumpah darah
kita!

>   Mungkin masalahnya, Wismilak-heng, yang lalu mencuat adalah
pertanyaan tanah air tumpah darah yang mana...

>   Wasalam.
>
>   ====================

Sampai Melupakan Peristiwa-Peristiwa Sejarah

>   Walawww. GUE LAHIR dan TINGGAL DI INDONESIA selama 24 tahun,
belajar
> dari TK 0 SAMPE UNIVERSITAS, apa seh yang kamu ragukan bahwa org
> tionghua ga tau sejarah mengenai INDONESIA?
>
> aneh2 aja, mungkin loe yg ga pernah sekolah, masa dikira di
sekolah
> ga pernah diajarin pelajaran SEJARAH.
>
> wismilak
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "UKM BANGKA"

>   > namun kita Warga Negara Indonesia seharusnya
>   > harus lebih tahu tentang sejarah Indonesia,
> [...]
Service.