Assalamualaikum

Hallo...saya baru gabung ni..saya bukan org tionghoa sih..tp saya sangat mengagumi kebudayaan tionghoa mulai dari seni arsitektur sampe festival2nya...keren krn bisa mempertahankan kebudayaan selama beribu tahun..

1. Saya butuh info ttg klenteng2 (bener gini nulisnya?) kuno yg ada d bdg..saya baru selese baca "klenteng2 & masyarakat tionghoa d jakarta" by Lombard..dsitu nyinggung nama klenteng "Xie-tian Gong" (klo g salah bgitu tulisannya)..kata buku itu, dsitu ada mural yg halus. termasuk yg paling halus d Indonesia..Ada yg tau alamatnya g? ato mungkin klentengnya dah ganti nama yah?

2. Boleh g sih saya berkunjung ke klenteng..mengingat saya bukan penganut budha, tao ato konghucu..saya pengen liat2 n nanya2 ttg sejarah klenteng n klo memungkinkan..makna dari setiap ritual yg ada.. (Ini saya tanyakan krn ada posting berjudul "Guru katholik berkunjung k klenteng")

3. Ada yg tau buku bgs yg menjelaskan ttg asal usul festival2 tiong hoa spt pu-du, pe-cun dll?

4. Ada yg tau kelanjutan firmanya Oei Tiong Ham (1866-1924)? dia pernah jd org terkaya d Asia Tenggara. Raja Gula dr Semarang...terakhir yg saya tau...dia tinggal d singapura buat menghindari pajak d Indonesia..

Makasi bgt y buat yg mo ngasi info

Wassalam
Achie

Yahoo! Photos
Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.