Sdr. Rudy,
kalau yg anda maksudkan adalah cara pengetikan karakter cina pada
windowsxp versi english (lewat MS Office), tidak perlu
aplikasi/program tambahan hanya perlu tambahkan input language.
caranya:

1. pada Control Panel pilih Regional and Language Options
2. pilih tab Languages
3. pada Supplement language support, pastikan pilihan Install files
for East Asian languages telak di-check. kalau belum, check dulu, lalu
Apply (anda harus restart komputer).
4. pada Text Service and Input Languages, click tombol Detail
5. di situ ada Installed Services yg isinya input language dan layout
keyboard yg sudah terinstall di komputer. click tombol Add
6. pada Input Language, pilih Chinese (PRC)
7. pada Keyboard Layout/IME, pilih Chinese (Simplified) - Microsoft
Pinyin IME 3.0
8. click OK
stlh proses ini, pada Installed Services muncul tambahan satu bahasa
yaitu Chinese (Simplified)
9. click Apply/OK
skrg sudah bisa menulis karakter mndrn (dengan metode pengetikan pinyin).
u/ switch antara english-mandarin, tekan left alt + shift.

sebetulnya banyak sekali pilihan cara menulis hanzi, di atas adalah
salah satu saja (yang saya pakai). semoga bermanfaat. kalau ada
kesalahan harap dimaafkan:)