Suku Uygur,
Suku Uygur, di sana disebut bangsa Uygur, oleh orang
luar negeri ditulis Uighur, adalah salah satu suku
besar diantara 56 sukubangsa di Tiongkok. Mereka
terutama menghuni wilayah barat Tiongkok, yaitu Daerah
Otonomi Sukubangsa Uygur Xinjiang. Daerah otonomi
setingkat propinsi hanya mempunyai otonomi yang lebih
luas dari pada propinsi. Suku Uygur kebanyakan
beragama Islam, ditinjau dari bahasanya suku Uygur ini
sejenis dengan orang Turki, Kazakstan, Uzbekistan,
Turkmenistan, Kirgistan dll. Mereka mempunyai bahasa
sendiri dan ditulis dalam huruf Arab, tapi ada sistem
transkripsi dalam huruf latin, misalnya ibukota daerah
otonomi namanya : Urumqi (u nya ada umlautnya, dua
titik diatas huruf u yang mencerminkan cara bacanya
sama dengan uu Belanda atau yu Mandarin, atau u umlaut
Jerman). Suku Uygur wajahnya sudah lebih bule dari
orang Tiongkok, tapi wilayah huninya sebagian besar di
Tiongkok. Sebaliknya orng Kazak yang wajahnya mirip
Tionghoa yang sipit, kebanyakan penghuni negara
Kazakstan, tapi ada sedikit yang tinggal di Xinjiang.
Di internet banyak, cari saja di google.com atau
yahoo.com, tuliskan Uygur. Dalam Mandarin Uygur
menjadi Weiwu'er.
Semoga dapat cukup bahan untuk anda
Salam
LU