_____

From: tionghoa-net@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of ChanCT
Sent: Tuesday, February 14, 2006 2:47 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com; 'Tionghoa-Net'
Subject: [t-net] Re: istilah TIONGHOA => Min Hui

Bung Min Hui yb,

    Dan bagi bung Min Hui yang tentunya etnis Tionghoa, tidak perlu
merasakan risih akan etnis Tionghoa yang melekat di-dirinya sejak lahir.
Ingat, tidak ada salahnya kita dilahirkan sebagai etnis Tionghoa, kita tidak
bisa memilih hendak dilahirkan sebagai etnis atau suku apa. Terimalah apa
adanya, tanpa sedikitpun menyesali kenapa dilahirkan sebagai etnis Tionghoa
yang selalu didiskriminasi dan direndahkan orang, dengan berani tetap tegak
berdiri untuk memperjuangkan hak dan keadilan sebagai salah seorang elemen
bangsa Indonesia.

[MH]

Pak Chan yb,

Saya tidak pernah risih sebagai etnis/suku tionghoa. Malahan saya bangga,
dan FYI, saya tidak mengganti nama saya hingga saat ini dan tetap menyandang
3 suku nama baik di KTP hingga paspor saya.

Apakah tionghoa Indonesia selalu di-diskriminasi?

Sampai saat ini harus diakui memang masih ada indikasi seperti itu, akan
tetapi kita juga harus intropeksi kedalam, dan mengkaji secara objektif
jenis2 diskriminasi yang kita alami, apakah memang secara sistematis
dilakukan atau itu karena kesalahan kita sendiri. Kalau itu lebih
dikarenakan kesalahan / ulah tidak terpuji dari kita sendiri, ya, harus
sama-sama berubah kan? Jangan hanya ngotot meminta yang lain berubah.

Yang paling penting menurut saya adalah seharusnya kita tidak lagi
mengungkit2 isu2 diskriminasi masa lalu; yang mana para pembuat keputusan
politik tsb sudah meninggal atau tidak menjabat lagi, yang dapat memperkeruh
keharmonisan yang sedang diperjuangkan oleh generasi sekarang.

MH

    Salam,
    ChanCT