Bangsa jepang harus dibagi dua suku.
  Yg diutara yg mereka bilang suku Ainu [suku biruang] bermata biru - ini
typical daru suku yg kita sebut suku Altai - termasuk orang Siberia/Korea utara
, Mongol., Uzbel sampai ke barat suku kurd dan Turkye. Ini menurut pengetahuan
dari ahli bangsa2 teman saya dari university Taiwan. Ahli ini dpt memakai bah
Jepang, Persia, Turkye seperti p[enduduk setempat dan juga pernah hidup
diantara suku2 ini.
  Yg diselatan yg tubuhnya lebih pendek adalah campuran dari chinese dan
penduduk pacific [Kurang lebih kaya penduduk lanhua atau Gueishan island
disebelah timur pulau Taiwan] - Oleh karena campuran ini maka diciptakan suku
Jepang.
  Ini kurang lebih sama dengan pulau Jawa dimana suku pacific [seperti Ambon]
dicampur dgn suku2 dari Laos camboja.Thailand dan diciptakannya suku Malay.
  Andreas

Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya, bahwasanya leluhur orang Jepang
berasal dari daratan China yah sangat mungkin sekali, namun penelitian
selanjutnya leluhur orang Jepang itu sebenarnya bukan orang Han
(Tionghoa). Dari penelitian arkeologi dan linguis, orang Jepang lebih
dekat ke bangsa Asia Tengah. Migrasi leluhur orang Jepang pada dasarnya
dibagi atas 3 jurusan, pertama masuk dari utara Hokkaido, melalui
Shakalin yang saat itu masih berhubungan dengan Siberia, kedua dari
Korea, dan ketiga dari Taiwan.

Bahasa Jepang sendiri lebih dekat kepada rumpun bahasa Altaic, dan bukan
Sino-Tibetan. Lalu, suku aborigin Jepang itu secara genetik adalah
rumpun Austronesia, artinya malah lebih dekat ke suku2 di Indonesia
maupun suku aborigin di Taiwan.

Masalah pembuangan tahanan perang atau apapun itu, biasanya cukup
dibuang ke pedalaman dan bukan ke negeri seberang (mengarungi laut).
Bilapun ada itu hanya sebuah mitos, misalnya mitos bahwa leluhur orang
Jepang adalah berasal dari orang Han. Namun mitos tinggal mitos,
penelitian genetis membuktikan bahwa orang Jepang lebih dekat ke orang
Korea dan Mongol daripada ke orang Han (China).

Rinto Jiang

Chen Kuang wrote:

> Dera All,
>
> Menurut guru sekolah saya, bahwa Jepang dulunya adalah tempat pembuangan
> tahanan perang dari daratan China, benarkah hal itu ?
>
> Bagaimana kisah sejarahnya  ?
>
> Apakah ada yang tau mengenai hal tersebut ?
> atas informasinya saya ucapkan terima kasih
>
> CK

        Indonesia   Culture   Chinese