Sobron Aidit :

K I S A H  S E R B A - S E R B I
( Nyi Ontosoroh - Bunda Onto -
  bagian dua )

Ada-ada saja akal bunda Onto - kalau nggak gitu kan bukannya Ontosoroh
namanya! Bunda Onto bicara-bicara dengan saya - diskusi - debat - bahkan
sedikit bertengkar. Hasilnya, kami bertiga - dua janda dan satu duda, bunda
Onto dan bunda Nunung serta saya sendiri mau buka warung! Mau buka warung!
Nama warung ini tadinya kami mengajukan beberapa nama. Ada yang memberi nama
Warung Sederhana - Warung Nikmat - Warung Sedap dan beberapa lagi. Pada
akhirnya kami semua bertiga menyetujui nama yang dulu pernah digunakan oleh
bunda Onto.

Warung itu namanya PONDOK ASMAR. Warung PA ini pernah buka selama 10 bulan
di pusat pasar Cibubur yang menuju Jonggol - Cilengsi. Warung ini menyajikan
makanan rib - iga sapi - sate ayam - nasi goreng dan beberapa minuman segar
yang non-alkohol. Boleh dikatakan laku - bahkan adakalanya laku sekali -
dengan pelanggan yang penuh dan membludak.

Lalu ada peristiwa yang tak dapat ditolak. Pemerintah mau membangun kompleks
Pompa Bensin dan dengan kompleks pasaran. Jadi Warung PA itu turut tergusur
- rata dengan tanah dan kini berdiri pusat Pompa Bensin dan beberapa resto
bertingkat. Bunda Onto kalah dan terpaksa warungnya tutup. Apa akal dan apa
lalu? Kita harus hidup - cari makan sendiri - cari hidup sendiri! Dan bunda
Onto selalu punya akal cerdik - dan berusaha mandiri - tanpa bantuan
siapapun. Rupanya diam-diam dia cari tempat buat buka warung lagi.

Dan ketemulah kami bertiga - dua janda satu duda. Kami kongsi memodali
warung ini secara samarata. Warung ini dengan nama tetap PONDOK ASMAR. Akan
menyanjikan makanan sate ayam - sate sapi dan sup iga - rib - sapi. Serta
menu nasi goreng. Kami tidak menyediakan sate kambing atau gulai kambing.
Tapi akan menjual sate sapi - yang sangat jarang dijual orang. Sate sapi
yang akan kami cari daging-lembut-lunak, akan kami beri bumbu dengan rasa
istimewa - bumbu campuran ketumbar plus jeruk-nipis dengan acar timun -
wortel - bawang merah kecil. Semua makanan dan masalan ini akan dibuat oleh
Bunda Otosoroh sendiri. Kami punya pembantu dua orang - dua anak muda yang
lincah - bisa kerja sendiri. Tapi kami akan selalu ada di warung itu -
barangkali kecuali saya - sebab besok saya akan pulang ke sarang saya di
Paris.

Saya sangat percaya - dan pernah membuktikan - masakan bunda Ontosoroh,
sangat enak - sangat lezat. Dan ini bukannya propaganda dan iklan
bohong-bohongan....bahwa bunda Ontosoroh pernah bekerja di resto kami di
RESTAURANT  INDONESIA di Paris selama hampir setahun. Itu terjadi pada rahun
1986 - 1987. Dan saya yang "berkongsi dengan dua janda ini" adalah pernah
menjadi tukangmasak-utama di resto Indonesia di Paris pada tahun 1982 -
1983. Kalau perlu - saya sendiri akan menjadi tukangmasak di PONDOK ASMAR
ini. Ini sekitaranya bunda Onto berhalangan.

Warung PONDOK ASMAR ini akan buka pada awal Maret ini - pada hari Kemis hari
pertama bulan Maret
2006. Hanya sayang sekali buat saya pribadi - sebab ketika itu saya di
Paris. Tapi saya sudah janji pada bunda Onto, saya akan kembali segera buat
menyokong keberadaan PA itu. Semoga saja menarik dan banyak pelanggan. Kata
peribahasa-lama ...setinggi-tinggi terbangnya bangau, hinggapnya ke
pelimbahan juga! Yang mana yang bangau dan yang mana itu pelimbahan- saya
serahkan kepada pembaca saya yang sangat saya sayangi dan hormati,-

Jakarta,-   22 Febr 06,-