ya...
  gue setuju dgn pendapat indoguoyue. jangan karena agama dan ras lalu gak bisa
terpilih jadi pres,gub/wagub.

  lagian ngapain bhikkhu ksh coment tg politik?

indoguoyue <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Seharusnya dipilih presiden, gubernur dan wagub dari kalangan
Atheis, biar tidak ada agama manapun yang dijadikan "anak emas".

apapun spesies dan rasnya!

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> HARIAN ANALISA
> Edisi Selasa, 21 Februari 2006
>
> Umat Buddha Minta Tionghoa Muslim Jadi Wagub DKI Jakarta
>
> Jakarta, (Analisa)
>
> Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia (MAJABHUMI) mengharapkan
etnis Tionghoa beragama Islam yang mampu dan bermoral baik dapat
menjadi wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2007.

> "Kami umat Buddha mengharap calon wakil gubernur (DKI Jakarta-red)
orang Tionghoa berasal dari saudara kita yang beragama Islam," kata
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Harian MAJABHUMI Bhiksu Dutavira
Mahasthavira di Jakarta, Senin.

> Dutavira meminta, calon gubernur DKI Jakarta yang akan datang
bersedia berpasangan dengan calon wakil gubernur dari etnis
Tionghoa.

> Sementara itu Ketua Umum DPP MAJABHUMI Aggi Tjetje mengatakan,
pada era reformasi dimungkinkan etnis Tionghoa maju dalam Pilkada.

> Dia mengatakan, hal itu untuk membuktikan bahwa etnis Tionghoa
dapat mengabdi bagi kepentingan rakyat. Mengenai nama-nama yang akan
diajukan sebagai calon Wagub, Tjetje mengatakan bahwa organisasinya
tak menunjuk orang atau kelompok tertentu namun hanya mengajukan
kriteria-kriterianya.

> "Mereka yang harus ditunjuk sebagai Wagub adalah orang yang mampu
dan bermoral baik, yang bermoral baik akan didukung," katanya.

> Ditanya mengapa calon Wagub dari etnis Tionghoa beragama Islam,
Dutavira mengatakan karena mayoritas penduduk Jakarta beragama
Islam.

> Senada dengan Tjetje, dia mengatakan bahwa organisasinya hanya
melempar bola dan hanya mengajukan usul tersebut. Ia berharap akan
ada sarasehan etnis Tionghoa dari berbagai agama mengenai usul dari
MAJABHUMI.

> Sementara itu Ketua Generasi Muda Persatuan Islam Indonesia
Abdurrahman Hakim yang juga hadir pada acara tersebut berpendapat
Yusuf Hamka sebagai figur yang cocok sebagai calon Wagub DKI periode
mendatang karena ia adalah orang yang jujur, cerdas, amanah, pintar
berbicara serta mampu dari segi materi.

> Yusuf Hamka sendiri mempertanyakan kenapa umat Buddha menunjuk
etnis Tionghoa beragama Islam sebagai calon Wagub karena banyak yang
beragama Buddha juga bagus. Ia melihat umat Buddha cukup bijaksana
memberikan kesempatan bagi etnis Tionghoa beragama Islam.

> Namun demikian Yusuf Hamka juga mengatakan jika ada etnis Tionghoa
beragama Buddha yang dipilih sebagai calon Wagub maka etnis Tionghoa
beragama Islam harus iklas dan mendukungnya. "Yang terpenting kata
Yusuf Hamka adalah calon tersebut harus bisa mengayomi agama yang
lain," katanya.

> Acara itu juga diwakili perwakilan etnis Tionghoa dari agama
Khonghucu, Tao, Katholik. (Ant

        Indonesia   Culture   Chinese