Begini loh, mustinya buat batasan jelas dulu PNS yg dimaksud dalam subjek
diskusi ini.

Kalau menurut saya PNS itu ya pegawai negeri sipil dimana sesuai prosedur
sekarang untuk menjadi PNS, kita harus mengikuti ujian calon PNS yg diadakan
tiap tahun. Rela berpanas2an membeli formulir, mengisi, dan kemudian
mengikuti ujian. Setelah lulus dari lubang jarum, resmi jadi PNS dan
dimulailah karir setahap demi setahap.

Walikota, bupati, anggota DPR/MPR/DPD sekarang ini bisa saja bukan dari PNS
kan? Kalo anda punya uang, punya kekuasaan dan pengaruh, jadi panutan
masyarakat setempat, atau disponsori oleh parpol, silahkan maju jadi calon
dan rakyat langsung akan memilih lewat mekanisme pilkada atau pemilu.

Menteri, sama saja bisa dari PNS, bisa pengusaha jadi menteri, bisa teknorat
jadi menteri. Sugiharto atau Laksamana Sukardi misalnya. Mereka professional
pasar yg sudah teruji sehingga diangkat jadi menteri. Bob Hasan, hehe saya
kok ga yakin, dia pernah ngisi formulir dan ikut ujian PNS. Mereka, menteri2
ini digaji pemerintah sebagai putra-putri terbaik bangsa yg diharapkan dapat
membantu pemerintah yg sedang berkuasa mencapai cita-cita bangsa dan negara
(mudah-mudahan :))

MH