A Ha!! Chan Heng salah mengerti maksud saya!

Secara biologis ABS Heng memang tetap Jawa, itu fakta otentik yang tak
bisa dibantah dan dirubah oleh siapapun. Tapi maksud saya, karena beliau
lebih menguasai budaya Tionghoa daripada beberapa orang lainnya, maka
tak salah saya kira beliau itu disebut sebagai Keturunan Tionghoa secara
Kultural (dalam pengertian penurun/pewaris budaya Tionghoa). Demikian
pula rekan-rekan lain yang bukan Keturunan Tionghoa (secara biologis)
pun layak menjadi penurun/pewaris budaya Tionghoa.

Tidak ada klaim-klaiman dari saya. Cuma sekedar menunjukkan keterbukaan
dan kekeluargaan bagi semua.

Salam,

Erik
------------------------------------------------------------------------\
  In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ChanCT" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Ya, betul kita semua adalah umat ciptaan Tuhan, harus saling menerima
dan menghormati, saling kasih-sayang sebagai sesaudara. Tapi, tidak bisa
diklaim semua keturunan Tionghoa, kan! Apalagi hanya karena terjun
dimilist BT dan berkeinginan lebih banyak mengetahui budaya Tionghoa.

  Kenyataan yang ada, yang Jawa tetap Jawa, yang Sunda tetap Sunda, yang
Batak tetap Batak walaupun dia bisa menerima dan menghormati budaya
Tionghoa. Bahkan ABSaleh yang lebih menguasai budaya Tionghoa dari saya,
dia tetap suku Jawa dan saya tetap suku Tionghoa.

  Salam,
  ChanCT