Pengalaman saya tinggal di Malaysia, saya lebih jarang menyaksikan
Barongsai dibandingkan dengan di Indonesia (negara yang segalanya
serba kebablasan). Padahal secara kualitas, permainan mereka lebih
baik dibandingkan kita.

Harus ada nilai2 skaral/luhur yang dipelihara agar sebuah seni tidak
diexploitasi secara berlebihan.

Inovasi dalam seni memang diperlukan, tetapi tidak dengan melupakan
bentuk aslinya. Sebelum berinovasi, seseorang harus mendalami dan
mengerti bentuk asli seni itu sendiri.

Sungguh disayangkan kalau musik asli harus punah seringkali
infiltrasi budaya asing merusak budaya asli dengan mengatas namakan
inovasi dan kolaborasi

Kolaborasi seringkali membunuh seni aslinya, pada gambang kromong
misalnya bisa saya katakan bahwa gambang kromong adalah kolaborasi
antara musik Hokkian dengan musik Betawi, pertanyaannya sekarang
adalah dimana musik betawi aslinya? dimana musik Hokkian aslinya?

Bapak Suryana, saya rasa perdebatan kita ini tidak akan berakhir
karena anda berada di posisi yang berseberangan dengan saya, saya
berusaha untuk mempertahankan seni budaya asli agar tidak punah,
sementara disisi lain anda lebih memilih untuk menjadi penonton yang
menikmati perubahan tanpa perduli akan kelestarian seni itu sendiri,
saya mempertanyakan seberapa perdulikan anda terhadap seni budaya
Tionghua, apa sumbangsih yang sudah anda berikan untuk budaya
Tionghua?

> [...]
> rutin setiap hari ), dan kondisi pada saat itu belum ada mal, toko-
toko/ruko
> yang berjejer dan berkembang secara cepat...
> Setahu ku di luar negeri pun Barongsay sudah di 'komersil' kan.
> Dan di jaman lalu Barongsay hanya dilakon-i diwilayah daleman
klenteng untuk
> latihan sedang sekarang menjadi pameo sekali dayung dua puluh pulau
> terlampau.........eniwe....aku sendiri sampai saat ini baru sekali
nonton
> barongsay, soale..........lebih suka nonton di pelem Jet Lee atawa
Chenlung