Wah, jadi pengen tahu, sebetulnya tradisi Hong bao untuk mereka yang
mengundang datang ke pernikahan itu, aslinya di tiongkok mulai sejak
kapan ya?

Sebab seingat saya dulu lagi taon 80 an sih belum ada tradisi bawa
angpao ke undangan kawin, biasanya malah bawa kado.
belakangan setelah urusan kado (baik untuk yang memberi maupun
menerima) dianggap tidak praktis, baru deh mulai di undangan tertera
bunyinya kira kira :

'dengan tidak mengurangi rasa hormat, mohon tanda kasih/kenang
kenangan tidak berupa barang maupun karangan bunga'

praktis. simple. yang terima senang, yang memberi juga senang.

jadi, sebetulnya di tiongkok jaman dulu, kalau diundang pesta nikah
itu tradisinya bawa hong bao atau bawa kado sih?