----- Original Message -----
From: Saafroedin BAHAR
To: HKSIS
Sent: Thursday, March 30, 2006 7:05 PM
Subject: Re: Fw: Danar Re: Identitas Politik Tionghoa, Masalah Nation-building.

Saya tertarik dengan masalah yang sudah lama dihadapi oleh saudara-saudara
keturunan Tionghoa, yang bagaimanapun berusaha untuk 'menjadi Indonesia' hampir
selalu dicurigai karena satu dan lain hal. Walau saya tidak begitu banyak
mempunyai kenalan keturunan Tionghoa, mereka yang saya kenal tidak banyak
berbeda dengan orang Indonesia lainnya. Umumnya mereka baik. Saya sendiri
adalah keturunan Minangkabau, yang sekarang menjadi salah seorang komisioner
pada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Saya bisa merasakan betapa tidak enaknya secara terus menerus dialienasikan
oleh bangsa dan negara tempat kita dilahirkan dan menjadi besar, hanya karena
secara alami kita termasuk ras atau etnis yang berbeda dari etnik-etnik lainnya
di Indonesia. Tetapi, bukankah semua orang Indonesia itu berbeda satu sama
lainnya ? Menurut Sensus tahun 2000 ada 1.072 etnik di Indonesia, hanya sekitar
15 etnik yang beranggotakan di atas 1 juta jiwa. Jadi sebagian terbesar orang
Indonesia ini termasuk dalam etnik minoritas, termasuk etnik asal saya
Minangkabau.

Saya juga merasa tidak adil, jika demikian banyak warga Tionghoa harus memikul
tanggung jawab terhadap avonturisme ekonomi sekutar 200 orang kaya keturunan
Tionghoa yang berkolusi dengan beberapa orang tokoh elite pribumi, yang telah
menyebabkan keterpurukan bangsa ini.

Oleh karena itu, menurut pandangan saya, salah satu tantangan yang harus
dijawab oleh bangsa Indonesia adalah bagaimana mengembangkan suatu kondisi yang
kondusif yang menyebabkan 1.072 etnik yang berbeda-beda itu merasa menjadi
bagian dari suatu bangsa yang sama. Pada dasarnya masalah ini adalah masalah
'nation-building'.

Jawaban terhadap masalah ini jelas  tidaklah mudah. Suku Bangsa Minangkabau --
misalnya -- yang merupakan salah satu suku bangsa yang paling awal dan mungkin
paling gigih terlibat dalam upaya membangun bangsa dan negara Republik
Indonesia ini, merasa demikian terpuruknya antara tahun 1958 sampai dengan
tahun 1984, sehingga dalam kurun yang lebih dari tiga dasawarsa tersebut mereka
berusaha menyembunyikan identitasnya, termasuk dengan tidak memakai nama-mama
Minangkabau dan sebaliknya memberi nama-nama anaknya dengan nama-nama yang
berbau Jawa. Faktor penyebabnya adalah karena represi berkelebihan yang
dilakukan oleh oknum-oknum TNI di jajaran Kodam III/17 Agustus sewaktu menumpas
pemberontakan PRRI tahun 1958-1961 dan setelahnya, yang nota bene selain
dipengaruhi oleh faham etnosentrisme juga disusupi oleh pengaruh PKI,  terhadap
warga masyarakat Sumatera Barat. Saya tahu persis, karena antara tahun
1960-1976 saya menjadi perwira staf di Kodam tersebut. Saya mutasi keluar
daerah Sumatera Darat pada tahun 1976 sebagai letnan kolonel.

Pertanyaannya sekarang: siapakah di antara para pemimpin Indonesia masa kini,
yang benar-benar faham dengan kompleksitas masalah 'nation-building' ini ?
Siapakah di antara pemimpin Indonesia masa kini yang benar-benar faham dengan
apa yang ada dalam lubuk hati orang Aceh, orang Papua, atau orang Riau, sebagai
contoh dari tiga etnik yang ditengarai mengandung keinginan memisahkan dari
dari Republik Indonesia karena demikian lama dipinggirkan oleh Republik ini
atau oleh oknum-oknum penyelenggara negaranya?

Lebih dari itu, ada pertanyaan saya lagi: siapakah di antara para pemimpin
negara kita dewasa ini, terutama di lembaga legislatif dan di lembaga
eksekutif, yang benar-benar berkualitas 'statesmen' -- negarawan -- yang
mengabdikan seluruh hidupnya untuk kepentingan bangsa yang bisa dikatakan
sebagai 'the sick man of Asia' ini ? Saya benar-benar tergugah oleh data
statistik yang menunjukkan bahwa hampir 60% anggota DPR RI pada komisi-komisi
yang 'basah' adalah para pedagang dan pengusaha, yang sudah barang tentu
'mindset'-nya berputar sekitar untung rugi. Artinya, hanya sedikit sekali di
antara anggota DPR RI yang benar-benar pokitisi yang akan menyuarakan aspirasi
dan kepentingan konstituennya. Saya benar-benar terheran-heran melihat perilaku
anggota DPR RI ini sebagai suatu keseluruhan, yang makin dikritik masyarakat
karena menaikkan gajinya sendiri di saat rakyat banyak dihimpit oleh beban
kenaikan harga, malah memberikan reaksi dengan semakin mernakkan gajinya itu !

Menurut penglihatan saya, masalahnya tidaklah sekedar masalah kualitas dan
oreintasi oknum-oknum yang duduk dalam pemerintahan. Masalahnya jauh lebih
dalam, yaitu masalah  'grand design' dari negara Republik Indonesia ini
sendiri, yang 'kontrak politiknya' tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,
khususnya dalam Pancasila. Persoalannya lagi, mengapa studi Pancasila ini kok
tidak bisa berkembang, baik secara teoretikal maupun dalam aspek praksisnya?
Apakah tidak mungkin bahwa pemahaman kita selama ini terhadap Pancasila
tidaklah tepat, dan bahwa kita memerlukan apa yang dapat disebut sebagai suatu
'paradigma baru' terhadap Panvcasila itu, sehingga lebih dapat dioperasionalkan
dalam konteks hidup berbangsa dan bernegara?

Saya telah mencoba mengutak-atik masalah ini, dan telah mengajukan gagasan awal
saya kepada Pusat Studi Pancasila di Universitas Gadkah Mada di Yogyakarta,
alma mater saya, yang saya usullkan agar dikembangkan menjadi Pusat Studi
Pancasiula dan Hak Asasi Manusia, sehingga bisa disangkutkan langsung dengan
tema sentral dunia masa kini. Seperti kita ketahui, banyak masalah yang
'mampet' pada tingkat kebangsaan dan kenegaraan mendapatkan jalan keluarnya
dalam demikian banyak instrumen hukum internasional hak asasi manusia. Termasuk
masalah masyarakat hukum adat dan etnik minoritas, seperti etnik Tionghoa atau
etnik Minangkabau sebagai contoh.

Sapai di sini dahulu.

Salam,
Saafroedin Bahar