Yah, benar. Saya juga bertanya2 dari mana Partai Demokrat mendapatkan
angka 15 juta ini. Sampai saat ini belum ada statistik resmi dari
pemerintah berkaitan dengan jumlah suku Tionghoa di Indonesia. Angka 4%
(8 juta) yang dulu sering dikumandangkan merupakan perkiraan kasar
karena sensus penduduk tidak ada point khusus untuk mendata jumlah
penduduk Tionghoa di Indonesia. Belum lagi ada jutaan penduduk Tionghoa
yang state-less, belum lagi peranakan yang sudah kurang tahu asal usul
leluhurnya. Sangat sulit mendata populasi suku Tionghoa di Indonesia.

Rinto Jiang