----- Original Message -----
From: odeon_cafe
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 27 April, 2006 21:53
Subject: [budaya_tionghua] Re: Tjamboek Berdoeri, jangan kau pergi

> Tjamboek Berdoeri selalu mengingatkan saya akan ketinggian
> sastra Melayu-Tionghoa yang sudah tidak bisa saya dapatkan
> di bangku formal. akibat kebijakan dari kawan-kawan
> Pak Bukhari Saleh

Ha ha ha, ngaco nih lauwtee lempar batu sembunyi nama (maaf kalau saya belum juga tahu siapa namanya, sehingga tidak tahu bagaimana harus menyapa pithoe yang satu ini).
Yang membabat bahasa Melayu-Tionghoa sehingga tidak bisa didapat di bangku formal itu kolonial Belanda.
Dan justru perkumpulan yang saya pimpin yang sekarang sedang menghidupkan lagi genre sastra ini. Tetapi engan tindakan nyata, menerbitkan kembali buku-buku dengan genre ini (sekarang sudah puluhan buku kami terbitkan), bukan dengan memaki-maki di milis ke sembarang alamat di empat penjuru.

Begitu pun, yang saya persoalkan bukan Melayu-Tionghoanya sang Tjamboek Berdoeri, yang justru saya katakan saya termasuk minoritas di milis ini yang memahaminya. Tetapi yang saya persoalkan sikapnya yang marah-marah, ngancam-ngancam, dan ngebangsat-bangsatin orang, hanya karena posting-nya tidak muncul, seolah-olah para moderator milis ini budak dia semuanya!

Bukan dia saja yang bisa mem-posting-kan genre Melayu-Tionghoa, banyak orang lain juga bisa.
Dan hasil tulisan sendiri pula, bukan hanya mengetik kembali tulisan orang jaman dahulu seperti yang dia lakukan.
Itupun penuh dengan salah ketik, yang bikin pembaca generasi sekarang makin sulit memahaminya.
Sehingga hakikatnya dia justru sedang membuat promosi negatif bagi genre Melayu-Tionghoa.

Wasalam.