Saya kira, tim moderator punya hak dan alasan yang jelas untuk tidak
memuat tulisan anggota Tjamboek Berduri yang berjudul "Andai saya
seorang Aceh" yang setelah ditilik tidak ada kaitannya sedikitpun dengan
topik forum. Usulan dari anggota lainnya untuk menambahkan OOT pada
judul juga tidak dihiraukan dan malah mencak2 serta menyatakan
pengunduran dirinya dari forum. Tim moderator sekarang ini masih sangat
permisif akan posting dari anggota, asalkan tidak bersifat iklan
komersial, tidak terlalu "out of topic" dengan topik forum, tidak
mengandung kata2 kasar, pada dasarnya akan diloloskan untuk dimuat,
asalkan turuti etika forum, tambahkan itu OOT di depan judul artikel.
Ini masih lebih baik daripada forum lain yang sangat2 membatasi artikel
yang diposting anggota.

Saya kira, forum ini sudah sangat menghormati kebebasan ber-ekspresi
anggotanya. Malah banyak anggota yang sudah mulai muak dengan posting
yang kelewat OOT, mengajukan keluhan baik langsung ke meja moderator
ataupun ke forum. Tapi saran dari saya untuk mereka adalah maaf, anggota
lain kita berikan kebebasan tertentu dalam ber-ekspresi, bila tidak
berkenan, mohon di-trash-kan sendiri posting mereka itu. Lakukan
penyaringan sendiri dan itu sikap toleransi dari mereka terhadap anggota
lainnya. Saya menyatakan rasa hormat saya pada mereka yang dapat
menghormati kebebasan anggota lain untuk ber-ekspresi.

Saya harap, pada anggota sekalian dapat menghormati kerja dan kapasitas
tim moderator untuk menegakkan aturan dan etika di forum ini, setiap
anggota yang baru bergabung tentu ada mendapat kiriman etika berforum
yang harus dipatuhi bila bergabung, ini semacam perjanjian. Bila
meneruskan untuk bergabung, maka harus taati itu etika, bila merasa
tidak dapat menerima etika tersebut, maka segera batalkan niat untuk
bergabung. Simply like that. forum ini terbuka keanggotaannya untuk
semua kalangan, tidak ada seorangpun yang dipaksa untuk bergabung dengan
ini forum.

Saya tidak terkejut dengan anggota2 cengeng yang sebentar2 "mengancam"
untuk mengundurkan diri, itu hak mereka. Tim moderator tidak akan
berusaha membujuk anggota tadi untuk tinggal atau memaksakan pengunduran
diri anggota2 tersebut karena itu bukan kewajiban tim moderator. Datang
tak diundang, pergi tak diantar, pintu forum selalu terbuka dan akan
tetap terbuka, karenanya, keluar masuknya seorang anggota tidak akan
menjadi bahan pikiran tim moderator.

Bila ada kekurangan dan kesalahan tim moderator, saya haturkan maaf
kepada anggota2 sekalian yang masih setia mengikuti forum ini. Tim
moderator juga manusia yang perlu makan (cari uang), tak selalu benar
dan punya waktu 24 jam sehari sama dengan anggota2 sekalian. Kami bukan
android yang tak perlu makan, 100% benar atau punya waktu 48 jam sehari.
Bila ada posting2 yang terlambat dimuat, atau tidak dimuat mohon maklum,
karena tim moderator punya kewajiban untuk menegakkan ketertiban
bermilis dan hak untuk menentukan posting mana yang cocok atau tidak
cocok dimuat.

Untuk anggota2 yang mendiskusikan masalah Tjamboek Berduri, saya juga
mohon untuk menghentikan diskusi yang hanya berupa gontok2an pribadi,
yang berawal dari dendam2 lama baik di forum ini maupun dari forum lain.

Forum macam restoran, bila ingin makan masakan India yah ke restoran
India, jangan bersikeras pingin memesan sushi di restoran Padang
misalnya. Mohon perhatian dan pertimbangannya. Terima kasih!

Rinto Jiang
Salah satu moderator