Sobron Aidit :

O B R O L A N  M I N G G U  P A G I
( Mbak Ajum dan Mas El Tipu )

Kita ini - sebagai orang Indonesia - terkenal suka menyingkat kata-kata dan
kalimat dan sangat suka memberi gelaran kepada teman-teman tertentu. Saya
masih ingat emak saya di kampung dulu - banyak sekali yang emak menggelari
orang dengan kata-kata singkatan dan gelaran. Ada seorang temannya dari
keturunan Tionghoa. Yang kami kenal dia ini namanya Kim atau Akim. Dia ini
adalah teman emak saya ketika sama-sama kecilnya. Tetapi Akim ini pada
akhirnya menjadi sangat kaya - kaya sekali. Mula-mula dia keliling kampung -
cari telur ayam - karung goni - kaleng minyak tanah - botol kosong dan
barang-barang lainnya. Dia keliling kampung dengan sebuah sepeda usang -
tanpa rantai - jadi hanya dituntun saja. Pada akhirnya Akim ini dari yang
hanya nuntun sepada butut - sampai punya beberapa truk angkutan dan Bel Air
sedan menterangnya. Tetapi emak saya tetap memberi gelaran ketika mereka
masa kecilnya dengan nam Buk - dari Cerubuk - istilah Belitungnya - yang
berarti jorok. Cerubuk itu adalah jorok. Pabila emak mzmanggil Akim selalu
dengan panggilan si Buk - si Cerubuk alias jorok. Itu kan sama-sama masa
kecilnya - kan dia pada akhirnya jadi orang kaya raya,-

Suatu kali di rumah kami di Holland, anak saya cerita nanti akan datang mbak
Ajum. Saya pada pokoknya tahu semua para tamu dari anak-anak saya. Tetapi
saya tak pernah mendengar nama Ajum - yang mana pula itu orangnya?!

Ketika saya tanyakan siapa sih Ajum itu? Lalu anak saya cerita dan ketika
dia sebutkan nama betulnya - yah kalau itu sih saya tahu betul dong - jawab
saya. Kenapa dia bernama dan digelari Mbak Ajum?
Karena setiap ada temannya cerita barusan beli apa - barang apa - bahan
makanan apa - bahan pakaian dan perlengkapan apa - Mbak kita ini selalu
menanyakan di mana belinya - di mana tokonya karena aku juga mau beli.
Setiap temannya cerita beli ini - beli itu - mbak kita ini selalu juga mau -
aku juga mau! Maka sejak itulah mbak kita ini berubah nama jadi mbak Ajum
dari Aku Juga Mau! Kreative kan ya - dan indah pula nama itu pabila hanya
dari segi nama!

Lalu baru-baru ini ada teman saya cerita mengenai seorang temannya - dan
namanya setelah saya dengar sangat aneh bunyinya - namanya ini El Tipu.
Rasanya kayak nama orang Amerika Latin! Tapi katanya bukan - dia adalah
orang Indonesia kayak kita-kita ini jugalah!

Lalu berceritalah teman saya ini mengapa nama yang tadinya lain - katakanlah
bernama Hamzah Fadli - lalu lama-lama berubah menjadi El Tipu. Tadinya saya
kira dia suka nipu atau membohongi orang; Ternyata tidak - samasekali tidak.
Lalu kenapa dong dia bernama begitu.

Katanya teman kita ini yang bernama Hamzah Fadli ini suka sekai dan sering
sekali mengeluh - tidak puas akan ini tidak puas akan itu. Apa saja yang
diceritakan teman-temannya akan selalu dibantahnya - didebatnya dan dia
merasa bukan begitu - dan harusnya begitu dan begini. Dia selalu merasa
tidak puas - dan selalu membantah dan menyangkal dan selalu ada kritiknya
dan kekurangannya - yang padahal teman-teman lainnya sudah saling sama
pendapatnya. Dan sejak itulah kebanyakan temannya sudah mengubah namanya
bukan lagi Hamzah Fadli - tetapi menjadi El Tipu - kepanjangan dan singkatan
dari Elemen Tidak Puas......

Ada-ada saja cerita teman saya ini - dan cerita begini masih sangat banyak.
Terkadang orang yang digelari itu tahu juga bahwa dia digelari begitu - tapi
dia sih masakbodo amat - nggak peduli. Ini hanya sekelumit cerita tentang
mbak Ajum dan mas El Tipu.

Paris,-    30 April 06,-