Rekan2,

Saya setuju bahwa kita semua bertanggung jawab terhadap jalannya milis
ini. untuk ini, ada berapa point yang akan saya bahas.

1. masalah OOT, idealnya OOT jangan terlalu banyak, disini peran moderator
yang paling penting. untuk topik OOT mutlak ada moderasi. utuk memudahkan
moderator, para anggota milis yang akan menulis OOT wajib menuliskan OOT
di subject. yang lupa mendapat peringatan, salah tiga kali langsung
diskors.

2. para anggota harus disiplin untuk tidak menyinggung tabu agama, boleh
bicara agama sebagai masalah sosial budaya, tapi tak boleh kampanye atau
menyerang ajarannya. agama di sini tidak hanya menyangkut agama resmi,
juga termasuk alran kepercayaan, termasuk FLg tentunya. anggota yang
bicara diperingati. 3x diskors.

3. jika tabu2 diatas dilanggar dan dibiarkan, jangan salahkan orang lain
menanggapi dengan kata2 keras. karena saya sendiri juga tak bisa
membiarkan mereka seenaknya melanggar. dlm hl ini, yang mulai
pembicaranlah yang harus bertanggung jawab!

4. cara berdiskusi: seringkali orang hanya mengkritik yang bicara keras
dan kasar. tanpa melihat situasi diskusinya.

semua diskusi yang sehat ada aturan mainnya. kita bisa berbeda pendapat
secara tajam, selama masih memakai cara diskusi yang benar tak ada
masalah.  namun ada pihak yang sering berdiskusi dengan "cara' ngawur. ini
yang sering memancing emosi lawan bicara. yang saya masalahkan disini
adalah " cara"nya, bukan materi masalahnya lagi.

contoh2nya:
- yang dibicarakan masalah A, tapi dia menghindar dan membicarakan B, saat
B ditanggapi, dia balik mengkritik C
- sengaja memenggal kalimat2 lawan bicara, lepas dari konteks keseluruhan,
hanya untuk bahan serangan.
- sengaja membelokkan/memelintir isi pernyataan orang, orang menyatakan A,
dia ubh menjadi A+ atu A'
- tak mau/tak bisa menanggapi, diapun menghindar, menggantung dan
mengaburkan masalah, dengan bicara hal2 yang baru, tanpa mengubah topik di
subyek, tanpa menghapus tulisan sang lawan bicara di bawahnya.
- dll, dll

5. kita di sini semua adalah sejajar, tidak boleh ada yang merasa lebih
tinggi. hindarilah sikap2 menggurui dan menasehati. hal ini sebenarnya
jarang tejadi. saya mengangkat masalah ini khusus membahas kasus sdr Ida.
Saya kira, awalnya sdr Ida juga tidak sadar melakukan hal ini.   dia ingin
menunjukkan ketidak setujuan, tapi cara2nya ternyata tidak simpatik.
detailnya begini;
- kata2:' kalau tidak menguasai masalah jangan bicara" adalah kata
menggurui yang hanya dilakukan oleh orang yang merasa diatas.
- bila tdk mnyetujui satu hal, biasanya orang akan membuat argument untuk
menyatakan pendapatnya, dalam tulisannya bisa saja dia kemukan refrensi
tulisan atau buku, ini tdk masalah, karena lawan diskusinya akan
menanggapi pernyataannya, bukan refrensinya. sedangkan sdr Ida ini lain,
dia tak berargument, langsung memaparkan judul2 buku/website sebagai
refrensi. seakan2 menyuruh lawannya belajar lagi. ini jelas hanya pantas
dilakukan oleh seorang guru.
- juga saat mengkoreksi istilah orang, dengan "dingin "dia langsung
"mongcopy" utuh kamus internet, tanpa terjemahan, tanpa interpretasi,
tanpa penjabaran, tanpa sedikitpun tulisan yang membahas kaitan definisi
kamus dengan hal yang dia kritik! dia suruh lawannya yang mempelajari/
melawan sendiri kamus itu. ini juga sikap seorang Guru thd muridnya.

Rupanya sdr ida tidak sadar, kita disini bicara mewakili pribadi2. kita
berdebat atas pernyataan individu2, sangat absurd jika kita disuruh
berdebat dengan sebuah tulisan di buku/website. karena, saat membaca
sebuah tulisan, dua pribadi yang berbeda bisa menghasilkan interpretasi
yang berbeda pula.

Jika Sdr Ida menyadari permasalahan ini, kita masih bisa bicara santun di
kemudian hari. tak ada dendam pribadi kok.

salam,
ZFy

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.