Konsili Nicea (sebuah sejarah yg panjang dan rumit) merupakan tema yg
digandrungi non-Kristen, sayang mengulasnya selalu bukan dalam
semangat mencoba mengerti, serba dipotong2 dan interpretasi yg bias
(semangat mencari kelemahan --> bisa terasa di diksi -pilihan katanya).

Maka saran saya, selain juga tema yg OOT, tak usahlah menyebut2nya
(apalagi rumusannya berupa statemen/kesimpulan).
Saya lihat Anda belum familiar dengan tema itu (Re: "Sebelum pertemuan
wali2 gereja diNycea tritunggal tidak ada.", "Ini ajaran juga adalah
cipta-an sebagian dari sekte", "kurang lebih merupakan ajaran agama
kristen catholic" dll. terlalu banyak kelihatan unfamiliar-nya)

Orang Indonesia memang selalu belum siap bicara tentang agama2 (jadi
masih sebuah MIMPI mengharapkan sebuah diskusi yang empatis), kecuali
di kalangan yg sudah tercerahkan saja, dan itu tidak banyak.

Ida Khouw

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, ANDREAS MIHARDJA
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Jadi terus terang saja saya agak pusing dgn "lfilosofy" tritunggal
yg kurang lebih merupakan ajaran agama kristen catholic. Untuk
informasi umum  - dan ini adalah pendapat agama RK yg resmi. -
Tritunggal yg dikenal dlm agama kristen juga ciptaan manusia sewaktu
jaman conferensi Nycea yg diadakan kira2 323 CE. Sebelum pertemuan
wali2 gereja diNycea tritunggal tidak ada. Ini ajaran juga adalah
cipta-an sebagian dari sekte - dan yg kebetulan didukung oleh kekuatan
tentara dari kerajaan. -- Semua sekte2 yg tidak setuju waktu itu
dimusnahkan.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.