Semarang, 14 Oktober 2006.

Salam,

Siang tengah hari ini, saya berkesempatan untuk
mengunjungi rumah Mayor Tan Siauw Liep ( Mayor
Tionghoa terakhir di Semarang ), yang terletak di
ujung jalan Bugangan ( dari bahasa Hokkian-> Bu Gang,
yang berarti tidak ada pekerjaan ).

Menurut orang-orang tua, rumah ini disediakan oleh Tan
Siauw Liep untuk menampung Tionghoa perantauan yang
belum mempunyai pekerjaan selama di Semarang.

Dahulu kompleks rumah ini sangat luas sekali, namun
keadaan sekarang sungguh memperihatinkan. Sebagian
besar tanahnya telah hilang, bahkan halaman depan
rumah yang saya kunjungi ini, dipergunakan untuk pasar
tradisional ( orang Semarang mengatakannya sebagai
pasar Krempyeng, karena hanya terdiri dari tenda-tenda
kecil dan kumuh ).

Dari luar, tampak tulisan menyolok dalam huruf
Mandarin yang menandakan rumah ini milik keluarga Chen
( Tan ). Memasuki teras depan tamapk kotor dan banyak
anak-anak bermain sepak bola.

Memasuki pintu utama, akan menemui lorong dengan kamar
di kanan kirinya ( rumah ini disewakan kepada seorang
wanita dengan harga sewa per tahun Rp. 600.000,--, dan
oleh wanita itu lorong ini dipergunakan sebagai tempat
penitipan sepeda motor dan sepeda. ).

Rumah utama yang seharusnya panjang dan luas, sekarang
tinggal kecil saja, karena bagian belakang yang
seharusnya masih panjang, telah dikapling-kapling oleh
masyarakat dijadikan rumah tinggal.

Disamping gedung utama, terdapat gedung yang lebih
kecil, yang bentuknya seperti rumah indekos ( ruang /
bilik yang kecil yang sambung menyambung panjang
sekali ). Rumah inipun sekarang disewa-sewakan.
Saya tidak mengunjungi rumah ini, karena tampak
beberapa orang sedang beristirahat.

Melihat keadaan seperti ini, sungguh sangat
disayangkan, sebagai rumah opsir Tionghoa yang sejak
turun temurun ( Tan Tiang Tjhing->Tan Hong Yan->Tan
Siauw Liep ) menjadi terbengkalai.

Irawan R

The all-new Yahoo! Mail goes wherever you go - free your email address from
your Internet provider. http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

<*> Your email settings: