Skenario film ini diadaptasi dari sebuah drama tragedi 4 babak berjudul
Lei Yu (hujan badai) dan drama ini sudah ada sejak 70 tahun lalu dan sudah
dipentaskan di China untuk sekitar 50 tahun lamanya. Drama Lei Yu ini
sebenarnya tidak berlatar belakang kerajaan tetapi sebuah keluarga orang
kaya. Setelah sutradara Zhang Yimou membeli hak film atas cerita ini,
bersama penulis skenario, cerita diubah menjadi berlatar belakang kerajaan
(dinasti Tang) dan ditambahkan sebuah peran untuk Jay Zhou (sebagai
pangeran kedua) yang sebenarnya dalam cerita aslinya tidak ada tokoh ini.
Denger2 sih tahun depan bakalan akan terbit cerita Lei Yu versi kerajaan
ini.

Salam,
Suryadi

astri rahadi <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com
12/26/2006 09:39 AM
Please respond to
budaya_tionghua@yahoogroups.com

budaya_tionghua@yahoogroups.com
cc

Subject
Re: [budaya_tionghua] Nanya Curse of Golden Flower

Sepakat!!! saya juga suka bgt sama film itu...tp nyari latar belakang
sejarahnya bingung juga yah..saya tau film itu pure fiksi.tp pasti ada
latar belakang sejarahnya...mungkin ada miliser yg tau?

Setau saya, penggunaan jam ular, naga dsb itu juga digunakan di
Jepang...mungkin Jepang mengadopsi penamaan waktu ini dari Tiongkok. Untuk
penggunaan jam berdasarkan shio ini bisa dilihat di halaman2 depan buku
"Taiko" tentang Toyotomi Hideyoshi. Dsitu ada konversinya sama jam yg kita
pakai..yg saya ingat, jam Ayam itu sekitar menjelang matahari terbit, jam
Tikus itu tengah malem...Klo g salah ya...soalnya udah lama g baca buku
itu...

Astri