Disinilah letaknya misunderstanding yg anti fengshui dgn yg mengerti fengshui
secara mendalam.
  Didalam ilmu ini tidak ada hubungannya antara fengshui dgn agama. Pernah saya
menulis didalam milis ini atau yg lain - memang ilmu ini diturunkan oleh kaum
monk atau hweeshio tetapi ini karena incidental. Ilmu fengshui tidak dapat
dipelajari diuniversitas [jaman dulu] dan terutama diIndonesia dipegang oleh
monk2 yg hidupnya dari agama.
  Masyarakat mengambil konklusi pasti ini agama dan jikalau tidak menuruti kita
akan qualat - sakit, mati, miskin semua sifat2 negatip yg kita tidak senangi.
  Ditambah lagi kepercayaan bahwa kalau fengshui bagus maka keturunan juga akn
bagus.
  Ini semua kalau ingin memakai bah america adalah bull shit atau indonesianya
tahi kuda.
  Karena itu jikalau kalian ingin mengetahui dgn betul apa itu fengshui -
silahkan pelajari dgn mendalam.Jangan menghubungkan ini dgn ilmu meramal.
Jikalau mau baca saya memakai buku dari Lillian Too serang yg beragama kristen
dari USA.
  Memang gurunya adalah seorang lama dari Tibet kelahiran dari East China yg
menurut kepercayaan Tibet adalah titisan seorang lama agung - tetapi tulisannya
tidak ada hubungannya dgn lamaism Tibet. Pengetahuannya yg diambil dari guru
ini.
  Pernah saya tulis fengshui bah. ingerisnya adalah geomancy dan jaman sekarang
pengetahuan ini dipakai didalam bidang architectur rumah2 dan internal
architecture. Basisnya menyesuaikan alam didalam membangun bangunan agar
pemakainya akan meras happy, easy, dan berguna. Tidak ada hubungannya dgn misin
bahwa kalau tidak dipasang patkwa atau tidak dipasang crystal kita akan sakit
atau jadi bangkrut. Mana kepercayaan semacem ini dapat dijual di negara modern.
Ini hanya dipakai untuk menakutkan sipeminta advies dan harapan sipemberi
advies agar leding keuangn mengucur.
  Memang harga untuk mendapat advice dari ahli fengshui mahal bisa sampai
ribuan dollar - tetapi dia bekerja sebagai advisor pembangunan dan advisor
architecture internal rumah.
  Memang juga didalam fengshui encyclopedia dari Lillian Too segala
misin[bijgeloof] ada seperti pemakaian symbol2 kekayaan kesehatan etc - tetapi
untuk seorang ahli fengshui dinegara barat tugasnya adalah menyesuaikan ini dgn
environment, selera dan kepercayaan.
  Percaya bahwa symbol2 ini bermanfaat juga tidak salah sebab ini memperkuat
selfconfidence kita yg penting utk menghadapi kesulitan penghidupan Confidence
ini however jangan dijadikan dependency seperti madat.

  Karena itu -jaman sekarang jaman ilmu pengetahuan dan pemikiran logic,
sebelum kita mengambil kesimpulan yg pro atau kontra - silahkan mempelajari
materie ini. Kebenarannya tidak terletak didalam keadaan extreem tetapi
ditengah2 menurut logica sipemakai. Jikalau membaca buku2 fengshui dgn unsur2
agama didalamnya silahkan filter ini keluar.  Conclusie yg didapat untuk setiap
individue berlainan.

  Andreas

Liquid Google <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Dari Millis Laen;