Memang benar USA negara demokrasi, tapi apa benar disana segala pemikiran
bisa bebas berkembang? jawabannya bisa ya bisa tidak.

Bebas, karena secara hukum semua orang boleh mendiirikan partai, bebas
mengkampanyekan pemikirannya. tapi apakah kenyataannya semanis itu? tentu
tidak, karena selain demokrasi, USA juga dedengkot kapitalis. siapa yang
memegang uang, dia yang berkuasa. kekuasaan pemilik modal ini sangat
berpengaruh terhadap politik amerika. semua calon president kalau mau
menang harus didukung mereka. maka tak heran kalau lobby Yahudi bisa
sangat mempengaruhi politik luar negeri pemerintah amerika. entah republik
entah demokarat, semua harus selalu mendukung israel. kalau anda
mengabaikan mereka, jangan harap bisa menang pemilihan.

Kontrol pemilik modal ini tak behenti hanya pada politik tingkat atas,
mereka juga berusaha mengkontrol massmedia. misalnya saat Bush memutuskan
menyerang Irak, suara2 yang kontra sebenarnya juga banyak, tapi suara
mereka hanya terkungkung di lingkungan kampus dan media2 kecil yang
peredarannya tebatas, sangat sulit menembus media nasional  yang dikuasai
kelompok kapitalis yahudi. akibatnya tentu sangat parah, opini masyarakat
menjadi sangat mudah dibentuk, semua orang memandang dengan kacamata kuda.
saya punya teman orang Amerika yang tinggal di Indonesia, saat pulang ke
sana, dia sempat frustasi melihat sikap politik anak2 muda di sana yang
semua telah tecekoki ideologi perang suci ala Bush. kekuatan media ini
begitu perkasa. banyak teman2 yang saat diIndonesia bisa sangat kritis
mengkritik politik luar negeri USA, tapi begitu tinggal disana selama 1
tahun, sikapnya berubah 100%, istilah2 yang digunakanpun 100% istilah2
pemerintah amerika, seperti: " Amerika punya 'KEWAJIBAN' melindung
kepentingan dirinya dan sahabat2nya! "  teman2 ini sudah lupa menanykan
apakah amerika punya "HAK" menginvasi negeri lain?

ZFy

Kirim email ke