bp.Indarto yb,

trims atas komentarnya ini.

Nanti jika ada kesempatan, kita bisa berjumpa lagi di Jawa Tengah
dan mungkin bisa berdiskusi bersama mengenai konsep filsafat yg
dilandasi 2 pemikiran aliran filsafat yg berbeda.

Buku2 yg tersebar memang jarang mengupas masalah filsafat atau
kerohanian Tiongkok.
Bahkan konsep penciptaan atau asal usul alam semesta jg lebih ke
arah mitos.
Padahal kita bisa lihat kalau para filsuf Tiongkok jaman dahulu
sudah jauh lebih mengarah ke logika.
Tidak kalah dibandingkan filsuf Yunani.

Kita liat YinYang di Zoroaster atau di Anaximandros yg jelas2 lebih
muda dibanding Yijing.
Yinyang di Zoroaster lebih mirip peperangan baik dan buruk, yg 1
mesti musnah.

BTW, bp.Indarto ini yg di Solo ya ?
Moga2 gak salah inget.

Ardian
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, indarto tan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Terimakasih kepada kawan Ardian_C atas perhatian pada urian saya
tentang Tao.
>   Untuk dengan sederhana menerangkan konsep filosofi-metafisis
kerohanian budaya Tionghua memang tidak mudah, apalagi dengan bahasa
Indonesia! Bagi kita keturunan Tionghua Indonesia, selain 30 tahun
tersekat dengan tradisi, karya-tulis yang berisi kebudayaan Tionghua
berbahasa Indonesia yang sifatnya serius dan murnipun jarang kita
jumpai. Yang terpampang ditoko buku adalah buku buku nujum, cerita
cerita bersifat mitos, cirita silat dan buku pengenalan masalah
Taoisme, Konfusianisme melalui gambar karikatur.
>   Karena sulit menyampaikan makna yang sebenarnya konsep-konsep
filosofi-metafisis dalam agama Tao dan Khonghucu, cara yang paling
praktis adalah disertai huruf atau kalimat aslinya saat menyampaikan
satu konsep. Sayang, waktu saya coba tulis huruf Tionghua dimillist
ini, tulisan itu tidak muncul.
>   Tian-ming dan Tao dibahas di kitab Sishu-Wujing dalam pengertian
Ru-jiao (Confucianism). Tao dalam ajaran Lao-zi ditulis dalam Tao-te-
jing dengan pengertian yang berbeda.
>   Konsep Tao dan Tian-ming sangat vital dalam pemahaman budaya
Tionghua, cukup sulit dibahas dimillist yang sifatnya dalam tahap
pengenalan. Sampai berjumpa pada kesempatan yad.