Sorry atas komentar saya.  Mungkin yang dimaksud Mbak Resti itu orang2 Taiwan,
apakah mereka mengerti tulisan Simplified.  Bukan masalah software atau driver.

  Setahu saya, pendidikan di Taiwan hanya menggunakan huruf2 tradisionil.
Huruf simplified diajarkan di Tiongkok daratan sejak awal tahun 60an.  Singapur
pada tahun 70 an juga menggunakan huruf simplified, tapi agak berbeda dengan
Tiongkok daratan.  Sebabnya pada waktu itu, pemerintah Singapur secara polotis
sedang menjauhkan diri dari penguasa di daratan Tiongkok.

  Belakangan ini, dengan banyaknya pertukaran bisnis antara pengusaha pulau
Taiwan dan Tiongkok daratan, banyak penduduk Taiwan yang sering berkunjung atau
menetap di Tiongkok daratan.  Sehingga mereka pun dengan sendirinya belajar
mengerti huruf simplified.

  Tapi anda bisa menggunakan Chinese character driver untuk mengubah dari
simplified ke tradisionil, atau sebaliknya.  Sehingga kawan anda bisa mengerti
apa yang anda tulis.  Atau kawan anda yang mengubah dengan cara software.

  Semoga penjelasan ini membantu.

  Salam,
  PK Lim

Johan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "resti1031" <[EMAIL
PROTECTED]>
wrote:

> Maaf kalau pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan & dibahas
sebelumnya.
> Saya ingin tau, apa orang2 Taiwan bisa membaca tulisan yg
simplified??
> Karena saya punya teman di Taiwan, dan ingin sekali menulis surat/
email
> padanya, tapi masih bingung harus pake tulisan apa.
> Karena di tempat kursus, saya cuma belajar hurup simplified.
> Makasih

Hmmm ... ga yakin seh ... tapi sepertinya sebagian besar bisa membaca
huruf simplified. Tapi yah ga semua huruf simplified juga isa dibaca.
ada sebagian kecil huruf simplified yang mereka ga isa baca juga.
Lagian ... harusnya ada software atau website yang menyediakan
fasilitas translate dari simplified chinese ke traditional chinese :)