Demikianlah, sebagian besar dari pada apa yang dinamakan iman, tak
mungkin dicernakan oleh ratio, karena memang tidak rational. Bagi
mereka yang mengimani sesuatu, mereka tak perlu, atau merasa tak
perlu, melalui proses pemahaman via ratio, namun langsung loncat
kedalam iman. Ini adalah keputusan tiap manusia secara individual.

Dari sisi falsafah, sebenarnya hanya ada dua jenis situasi: yang
sesuai dengan ratio, dan yang tak sesuai dengan ratio.
Kata "rational" adalah jelas definisinya, namun kata "supra-
rational" adalah pengertian konditional (bagi mereka yang menerima
istilah ini saja). Karena, secara falsafah, kata supra rational
sebenarnya adalah bagian dari kelompok irrational atau a rational.
Kata "supra" tak memberikan kejelasan ilmiah mengenai kondisi
irrationalitas itu.

Contoh: kenalan anda melihat sosok manusia yang sedang duduk dan
tersenyum padanya. Selain kenalan anda, tak ada yang melihat sosok
itu. Ini kasus yang sering dikisahkan orang. Nah, bagi mereka yang
tak melihat sosok ini, pemunculan si sosok ini adalah irrational.
walau kita ganti menjadi supra rational, beliau beliau yang tak
melihat sosok ini tetap tak melihat sosok ini, dan kejadian ini bagi
mereka tetap tak masuk akal alias a rational...

salam budaya

danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Can Kheng Hong
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sdri.Theresa,
>
>   Saya kira kita setuju dalam iman/kepercayaan ada banyak hal yang
tidak dapat dipahami dengan ratio atau irrational (walaupun dalam
hal iman kepercayaan saya lebih suka menyebutnya supra-rational).

>   Sewaktu menyebut soal kepercayaan angka 13, saya jelas menulis,
itu menurut pendapat saya, untuk menggambarkan poin2 saya antara
perbedaan irrational dan supra-rational.Dan saya sudah tekankan
perbedaan itu tipis sekali. Disinilah terbuka bagaimana seseorang
menafsirkan. Seseorang berhak percaya, dan orang lain berhak untuk
tidak percaya. Jika saya berpendapat kepercayaan angka 13 itu
irrational itu adalah hak saya. Saya seperti saya tidak akan
menggugat anda jika anda mau mengatakan soal pelangi bukan supra-
rational. Saya pun tidak akan menggugat anda jika anda mengatakan
kitab suci banyak mengandung hal2 yg irrational, walaupun saya tidak
perlu harus setuju dengan anda.

> [...]
> sehat. Ketiga, hal2 yg supra-rational adalah hal2 yg keimanan,
> dituliskan dalam Kitab Suci misalnya, tak bisa dijelaskan dengan
> ratio manusia. Maka harus diterima melampaui akal manusia. Maka
> hanya dapat diterima dengan iman.

> takut angka 13, masuk dalam kategori irrational dan kisah2 nabi2
yg
> diangkat ke sorga masuk dalam kategori supra-rational. Memang
harus
> diakui benang merah sangat2 tipis. Disinilah akal sehat diperlukan
> untuk membedakan mana kategori irrational dan mana kategori supra-

upacara "tedak
> yang

Loro

> patung