Mungkin, perkembangan socio-ekonomis Tiongkok dapat dibahas dalam
rangkuman budaya, untuk mengkaji sejarah.

Masalah khusus Israel dengan saudara sauadar mereka di TimTeng
memang membutuhkan pembahasan khusus, yang OOT disini.

Thema ini saya gelar, untuk menunjukkan, adu besar besaran jumlah
kaum pengaut agama tertentu, atau kelompok budaya tertentu tak
banyak manfaatnya, karena yang menentukan perkembangan dunia adalah
kualitas SDM, bukan jumlah mereka.

Juga jumlah penganut agama tertentu atau kelompok agama tertentu
(misalnya Ibrahimic religions) bukan parameter untuk
merujuk "kebenaran" atau "ketidakbenaran" kepercayaan. Saudara
saudara Hindu Bali, misalnya, yang jumlahnya amat sangat terbatas
itu, tetap mempunyai dasar pembenaran, menurut akidah mereka (lihat
asal muasal thread ini).

Salam

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "jonathangoeij"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Membahas aspek socio economic tentu baik saja, selain Tiongkok yg
> saat akhir2 ini berkembang dengan pesat, juga perlu dibahas
mengapa
> sebelumnya terjadi stagnan yg sedemikian lama di Tiongkok
sementara
> barat terjadi lompatan budaya yg sedemikian luar biasa.
>
> Juga mengamati timur tengah yg terbelakang dan hanya Israel yg
maju
> setara dengan barat tentu sangat menarik, cuman mungkin dimilis
ini
> jadi tidak berkaitan dengan budaya tionghoa.

Korea,