--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "gsuryana" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> +++
> Aku lupa membaca dimana, kemajuan barat diakibatkan ditemukannya
> mesin cetak, sedang kemajuan RRT karena ditemukannya kertas, dimana
> kedua hal ini saling berkaitan, di saat RRT menemukan kertas, maka
> segala sesuatu bisa didokumentasi dan di sebar luas kan, memang mem
> butuhkan waktu yang cukup lama, sedang setelah di temu kan nya mesin
> cetak informasi menjadi lebih cepat tersebar, sehingga masyarakat
> menjadi lebih cepat pintar, dalam hal ini bukan saja dibidang
budaya,
> melainkan
> [...]

Sur, ini bukan hanya "semoga masih bisa diterima akal" tetapi
merupakan jawaban yang cerdas dan pintar :)

Menurut biological anthropology kelebihan manusia dari binatang
adalah kemampuan manusia utk menurunkan pada generasi berikutnya
segala ilmu pengetahuan yg bisa ditemukannya dan juga diturunkan oleh
generasi sebelumnya, hal ini disebut sebagai culture (budaya).

Sebagian binatang juga mengenal culture (dinamakan proto culture).
Sebagai contoh adalah kera bonobo yg mampu mengajarkan pada
keturunannya mengobati luka2 menggunakan daun2an tertentu. Dan ini
diajarkan turun menurun.

Pada manusia yg luar biasa adalah kemampuan utk berbicara
(berkomunikasi), dari berbicara ini ilmu pengetahuan diturunkan satu
dama lain. Kemudian meningkat dengan tulisan yg bisa menyimpan
dokumentasi. Penemuan kertas tentu membuat kemajuan yg luar biasa,
demikian juga penemuan mesin cetak membuat lompatan yg makin tinggi.
Penemuan listrik, yg dilanjutkan dengan komputer, dan terus sekarang
ini internet yg membuat dunia berjauhan menjadi seakan dekat juga
menyebabkan lompatan2 budaya yg luar biasa.

Thx Sur, sekarang mengenai penemuan kertas, kapan kertas ditemukan di
Tiongkok dan kapan mesin cetak ditemukan di barat. Kelihatannya jarak
waktunya sedemikian jauh. Kelihatannya disini penemuan kertas di
Tiongkok tempo dulu itu kemudian tidak ditindaklanjuti agar bisa
membuat suatu hasil karya secara masal (mesin cetak). Tetapi bukankah
uang kertas awalnya juga digunakan di Tiongkok, apakah tidak
menggunakan semacam mesin cetak?

JG

Kirim email ke