  _____

From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Alfonso
Sent: 02 Oktober 2007 1:04
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Peringkat Huaqiao Dunia

Orang China "asli" yang diakui oleh Deplu China adalah warga negara
(berpaspor) di 3 tempat: China, Taiwan, dan Hongkong (plus Macao).

Orang-orang China yang berwarga negara selain 3 tempat di atas
dianggap overseas Chinese alias China perantauan (Huaqiao).

Berapa banyak Huaqiao seluruh dunia? Di masing-masing negara?

Saya yakin di milis ini banyak Huaqiao yang sedang membaca ini. Tapi
tahukah Anda negara apa yang mempunyai Huaqiao paling banyak di
dunia?

Iya, Indonesia. Ini adalah 20 besar hasil survei Overseas Chinese
Affairs Commission di Taiwan, yang dikumpulkan dari Deplu dan sensus
masing-masing negara. Walau surveinya di tahun 2005, tapi saya rasa
cukup mewakili sampai hari ini.

Jumlah Penduduk
Negara 2005 2004 Pertumbuhan

1 Indonesia 7,566,200 7,463,404 1.38
2 Thailand 7,053,240 7,254,261 -2.77
3 Malaysia 6,187,400 6,114,900 1.19
4 United States 3,376,031 3,280,823 2.9
5 Singapore 2,684,900 2,650,100 1.31
6 Canada 1,612,173 1,548,650 4.1
7 Peru 1,300,000 1,300,000 0
8 Vietnam 1,263,570 1,246,845 1.34
9 Philippines 1,146,250 1,139,243 0.62
10 Myanmar 1,101,314 1,090,087 1.03
11 Russia 998,000 998,000 0
12 Australia 614,694 599,600 2.52
13 Jepang 519,561 487,570 6.56
14 Kamboja 343,855 336,124 2.3
15 United Kingdom 296,623 283,470 4.64
16 Prancis 230,515 229,505 0.44
17 India 189,470 186,461 1.61
18 Laos 185,765 181,571 2.31
19 Brazil 151,649 149,570 1.39
20 Belanda 144,928 144,207 0.5

Yang paling mencengangkan adalah Jepang. Saya rasa banyak warga
Jepang yang sekolah/tinggal di China dan Taiwan berperan besar.
Saya lihat di Taiwan banyak orang Taiwan yang ingin tinggal di
Jepang karena mereka menganggap Jepang itu adalah negara termaju di
Asia. Banyak orang mengidolakan Jepang hingga bahasa Jepang pun
menjadi bahasa asing ke-2 mereka. Mereka pun mengincar orang Jepang
untuk dijadikan pasangan hidup, supaya bisa berganti paspor Jepang.

Ini hanya penilaian subjektif sepihak saja. Tidak semua begitu
karena calon saya pun orang Taiwan, yang siap pindah ke RI.:D

Pertanyaan: kenapa Huaqiao Thailand bisa berkurang? Atau semua
berlomba2 pindah ke Jepang buka restoran Tomyam?

Alfonso

.

<http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=11328156/grpspId=1705329729/msgI
d=27898/stime=1191264913/nc1=4699084/nc2=3848577/nc3=4840952>