    Posted by: "j_kusumastuti" [EMAIL PROTECTED] j_kusumastuti06
    Date: Wed Nov 14, 2007 6:26 am ((PST))

Moderator......

Saya banyak berharap di milis ini banyak memberikan input tentang mandarin ,
tidak hanya budaya china saja...tapi benar ...benar bagaimana belajar
mengucapkan mandarin dengan benar, selama ini saya baca milis ini kebanyakan
menanyakan tentang sejarah marga ( it's oke sih ingin tahu story tentang
marganya masing-masing tapiiiiiiii........khan tidak semua yang ikut milis
ini asli cina atau keturunannya) saya bukan orang cina atau keturunanannya
tapi saya sangat tertarik dengan cina....dan saya juga sedang belajar
bahassa mandarin si lembaga kursus ,masih level rendah dan kesulitan saya
adalah mengucapkan secara benar nada -nada yang digunakan ( padahal saya
sudah merasa mengucapkan secara benar tapi laoshi-nya tidak merasa seperti
itu).
dan akhir-akhir ini saya merasa putus asa sehingga menjadi hilang semangat
untuk meneruskan bahasa mandarin........tapi saya ngga mau seperti itu ,
gimana membangkitkan semangat itu...
Moderator saya punya saran gimana di milis ini membahas tentang  bahasa
seperti penggunaan partikel "de" , "haishi" (atau) . " Yao " ( mau) , " You
" (ada)
beserta contoh kalimatnya dan penggunaanya , mungkin bermanfaat bagi
orang -orang pemula yang seperti saya.

Xiexie

Ita

nb : Maaf kalo ada yang salah