From: raharjo irawan <[EMAIL PROTECTED]>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Monday, November 26, 2007 10:05:12 AM
Subject: [budaya_tionghua] Klenteng Sam Po Tong Semarang.

Semarang, 26 November 2007.

Pada hari Kamis 22 November 2007 yang lalu, saya
mengantar rekan kita Steve Haryono berkunjung ke
Klenteng Gedung Batu.

Sungguh tidak dinyana, mulai 1 minggu sebelumnya ada
peraturan baru yang sangat menjengkelkan !!!
Pengunjung yang tidak bermaksud sembahyang, dilarang
mendekat / berjalan di pelataran Klenteng, apalagi
masuk ke dalam ( meskipun saya tetap saja masuk dan
tidak sembahyang ) !!!!! Untuk itu sudah dibuatkan
pagar pembatas di antara tanah lapang dengan pelataran
klenteng.

Ketika itu ada serombongan murid-murid sekolah yang
tidak dapat melihat dari dekat gedung bangunan
klenteng, dan mereka terpaksa hanya dapat melihat dari
jarak jauh dan kepanasan !!!! sungguh kasihan.

Sebagai perbandingan, di Semarang ada bangunan Mesjid
Agung Jawa Tengah yang juga sangat megah, kita yang
dari orang Tionghoa saja boleh masuk ke dalam. Di
masjid Demak yang didirikan oleh Sunan Kalijogo saja,
saya diperbolehkan masuk hingga ke mimbar yang banyak
orang di katakan sakral bagi umat Islam.

Sungguh sangat menjengkelkan dan tidak pantas.

Yang sedang jengkel,
Irawan R

Want ideas for reducing your carbon footprint? Visit Yahoo! For Good
http://uk.promotion s.yahoo.com/ forgood/environm ent.html