Kang Sur,
Selamat pagi,terima kasih sudah meluangkan waktu untuk
bertemu saya bersama moderator,suatu kehormatan bagi
saya.
Mengganti nama merupakn hal yang menyakitkan waktu itu
terutama pada orang yang masih menghormati nama
keluarga yang didapatkan turun temurun walaupun
pemerintah pada saat itu tujuan nya adalah baik,tetapi
seperti kita semua tahu bahwa gaji goverment servant
are not good and chinese Indonesia adalah warganegara
kelas dua yang paling mudah untuk di intimidasi dan
diperas, dan tentu saja tidak semua pegawai pemerintah
seperti itu,masih ada yang baik.
Di Thailand juga sebagian chinese nya mengganti nama
mereka ke nama thailand karena mereka menghormati
rajanya dan juga ada budaya saling menghormati antara
penduduk asli dan pendatang chinese atau dari negara
lain.
Anyway seperti kita ketahui pemerintah pada waktu itu
"tidak memaksa" chinese Indonesia untuk mengganti nama
seperti Yap Thiam Hien tetapi kebanyakan chinese indo
sudah takut...jadi ya mau tak mau.
Di banyak negara kalau kita menjadi warga dari negara
tsb,tidak ada keharusan untuk mengganti
nama,diharuskan membaur dsb nya hanya himbauan untuk
dapat fasih berbahasa negara tsb,kalau tidak akan
menyulitkan untuk berkomunikasi dll sebagainya.
Apa tidak lebih baik pakai nomor aje ,gampang diingat
dan hemat waktu heheehehehe

--- gsuryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> From: "Ulysee" <[EMAIL PROTECTED]>

> berapa banyak alasan dan
> pada masa itu?
> +++
> Khusus untuk masyarakat tenglang Cianjur, ganti nama
> pada saat itu menjadi
> sebuah keharusan.....tidak ganti nama langsung di
> cap PKI.
> Yang sialnya nama pun dipilih oleh lurah seenak dia,
> tanpa kita bisa
> memilih.
>
> Seperti halnya nama ku Gunawan Suryana, Ayah Rivai
> Sumantri, Ibu Yenny
> [...]

      Make the switch to the world's best email. Get the new Yahoo!7 Mail now.
www.yahoo7.com.au/worldsbestemail