-----Original Message-----
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Akhmad Bukhari
Saleh
Sent: Saturday, December 29, 2007 8:04 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Re: Arsitektur cina (Re: [budaya_tionghua] salam kenal)

Memang, sepertinya halnya kata "mandarin" tidak bisa otomatis
dipertukarkan
dengan kata "tionghoa" dan "tiongkok" untuk segala konteks, begitu pula
kata
"cina".

Saya termasuk pendukung penggunaan frasa "orang tionghoa" dan "negara
Tiongkok" alih-alih menggunakan frasa "orang cina" dan "negeri Cina".
Namun toh saya, misalnya, akan tetap mengunakan frasa "masakan cina",
daripada rancu dan ribet memakai banyak frasa seperti "masakan
Tiongkok",
"masakan tionghoa Tiongkok", "masakan tionghoa Singapura", "masakan
tionghoa
Indonesia Jawa", dst. untuk masing-masing variant dari chinese food.

Dan menurut hemat saya, begitu pula lah situasinya untuk men-justify
penggunaan frasa "arsitektur cina" sebagai padanan kata (terjemahan)
untuk
"chinese architecture".

Wasalam.