Dahulu, selain kisah tiga negara dan Sanpek Engtay yang membuatku tertarik
pada budaya Tionghua
ada satu kisah Bao Zheng (atau Bao Qingtian) yang filmnya diputar di RCTI
tiap hari Rabu malam.

Salah satu yang menarik dari karakter ini adalah ia tak pernah gentar
termasuk menghadapi keluarga penguasa dalam menegakkan hukum. Jadi, semua
adalah sama di mata hukum.

adegan rakyat jelata menabuh genderang meminta keadilan di gedung pengadilan
pada malam hari sangat berkesan buatku.

Setahu saya,
pada masa dinasti manapun di Tiongkok, sekejam apapun kaisarnya, selalu ada
para menteri seperti Bi Gan dari dinasti Shang yang berusaha mencegah sang
raja berbuat lalim walau nyawa taruhannya.

Agak sedikit berbeda dengan Eropa yang bahkan di masa Renaissance pun,
kehendak raja tetaplah absolut. Renaissance sendiri cenderung menyentuh
masalah tafsir keagamaan dan budaya, tetapi pada saat itu masih sedikit yang
membahas kesejahteraan rakyat.

Rasa-rasanya mungkin cuma Thomas More (penulis Utopia) yang perduli pada
rakyat di masa itu. Aku gak yakin Niccolo Machiavelli bisa digolongkan
perduli.  Baru abad ke 18 (alias 1700-an) diskusi mengenai peran rakyat
berkembang di Eropa dan puncaknya pada pembentukan negara Amerika Serikat
dan Revolusi Prancis. Itu pun, definisi mengenai 'hak-hak warga negara'
masih terus berkembang (tentu kita masih ingat perjuangan Malcom X dan
Martin Luther King Jr pada tahun 60-an, kan?),

Saya rasa,
kita tidak perlu paranoid tentang HAM apalagi dengan menuduhnya sebagai
'buatan Barat'.
Memang ada perbedaan sudut pandang karena perbedaan sejarah.

Pengamatan saya yang awam ini,
HAM dari Barat, cenderung dengan membatasi kekuasaan pemerintah yang
berpotensi disalahgunakan untuk menindas. Sementara di Timur, bahasa yang
digunakan adalah 'kewajiban bagi penguasa' untuk melindungi rakyatnya.

CMIIW,
silakan koreksi bila saya salah,

Kunderemp Ratnawati Hardjito a.k.a
Narpati Wisjnu Ari Pradana

PS: sebelumnya ada yang nanya arti Kunderemp blablabla a.k.a
Kunderemp adalah nama saya di internet sementara "a.k.a" adalah singkatan
"also known as"
dan Narpati adalah nama asli yang tercantum di Akte Kelahiran

--
help thy brother, just or unjust