  From: mangucup88
  To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
  Sent: Wednesday, April 16, 2008 9:09 PM
  Subject: [budaya_tionghua] Re: Yuuu..uk Boikot Olimpiade Beijing !

  Salam hormat untuk Rekan-rekan dan para Pembaca yang budiman
  Pertama dengan ini mang Ucup mohon maaf kepada pak Modie maupun para
  pembaca semua, apabila melalui artikelnya mang Ucup telah membuat
  milis kesayangan kita ini menjadi kurang nyaman. Disamping itu juga
  saya hendak mengucapkan banyak terima kasih atas tanggapan maupun
  komentar dari rekan-rekan semua.

  Saya maupun orang tua saya dilahirkan di Indonesia, tetapi dilain
  pihak saya juga tidak bisa memungkiri bahwa di dalam diri saya
  mengalir Gen keturunan darah Tionghoa, maka dari itu apabila ada
  orang yang menyudutkan ataupun melecehkan entah itu negara Indonesia
  maupun Tiongkok, secara tidak langsung saya turut merasa dilecehkan
  hal inilah yang membuat jiwa saya jadi bangkit ingin turut membela
  walaupun hanya sekedar melalui tulisan saja.

  Hal inilah yang mendorong saya untuk menulis artikel tersebut bahwa
  secara tidak langsung negara barat turut bersalah dengan adanya
  kejadian-kejadian yang menyangkut Olimpiade Beijing 2008 ini, dimana
  mereka juga harus turut bertanggung jawab. Agar mereka jangan
  bersikap hipokritis. Jadi bukannya untuk mengajak rekan-rekan disini
  berdiskusi politik

  Menurut segi pandang saya budaya secara tidak langsung ada kaitannya
  dengan politik juga misalnya ketika jaman Orba, budaya Tionghoa
  praktis di berangus oleh pemerintah boro-boro boleh belajar bahasa
  Mandarin ataupun mengembangkan budaya Tionghoa, memakai nama
  Tionghoa pun tidak boleh; ini semuanya karena pengaruh politik.

  Walaupun demikian apabila segi pandang saya ini tidak benar mohon
  dikoreksi.

  Sekali lagi dengan soja rangkap tangan dua mang Ucup mohon maaf dan
  mungkin ada baiknya Topik ini kita tutup sampai disini saja.

  Salam persaudaraan dengan jabat tangan erat
  Mang Ucup