Bagaimana kita memandang Diskriminasi?

Di zaman Orba, saya ingin menerbitkan buku dalam bahasa mandarin tapi
dilarang, maka saya merasakan adanya diskriminasi dalam hal bahasa.

Sedangkan yang namanya Uly tidak menggunakan bhs mandarin, sehingga tak
punya masalah sama sekali dalam hal ini, maka dia tak merasakan adanya
diskriminasi dalam hal bahasa.

Dua pengalaman diatas sama sah dan sama benarnya. Tapi  menjadi masalah
ketika Uly tiba2 menyimpulkan: tidak ada tuh  diskriminasi yang ditujukan
ke Tionghoa Indonesia! Di sini, dia telah memakai pengalaman yang khas
pribadi menjadi patokan untuk menilai pengalaman orang lain!

Apakah pernyataannya ini adalah bagian dari dagelan Mataram?(entah di
Sunda namanya dagelan apa?)

ZFy