----- Original Message -----
From: Purnama Sucipto Gunawan
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Saturday, May 17, 2008 9:07 AM
Subject: [budaya_tionghua] Shi Djin Koei = Xue Ren Gui Fiksi atau Nyata

> Xuē Rénguì atau Shi Djin Koei (pinyin: Xuē
> Rénguì; 614-683),

Encoding-ny apa, Purnama-heng?

- - - - - - - - - - - - -

> Dalam cerita fiksi Shi Djin Koei diceritakan banyak sekali dalam
> kisah drama dan opera seperti Xue Ren Gui Pulang
> Kampung Halaman, Xue ren Gui Kampanye menuju timur,
> dengan gemilang pada jaman dinasti Yuan.

Ini tentu maksudnya bukan dinasti Yuan (Hokkian: Goan), melainkan
dinasti Tang (Hokkian: Tong) ya!?

- - - - - - - - - - - - -

> Shi Djin Koei Tjeng Tang (terbitan Gabungan Tridharma Indonesia 1983).
> dan Sie Djien Koei Tjeng See (Zhambala 1984).

Komik:
--------

Ini terbitan yang kedua kalinya.
Terbitan-terbitan untuk 'dakwah' agama Buddha ini, edisi pertamanya
sudah terbit tahun 1979 (baik untuk "Tjeng Tang" maupun "Tjeng See").

Tetapi terbitan ini bukan komik aslinya.
Melainkan hanyalah terbitan ulang dari aslinya yang terbitan KengPo,
karya Oey Kim Tiang (text-nya) dan Siauw Tik Kwie (gambarnya),
yang terbit tahun 1950-an.

- - - - - - - - - - - - -

> Selain itu Tokoh Shi Djin Koei juga pernah dikarang Oleh Gan Kl.
> Pada masa Tahun 1980-an dalam cerita silatnya.

Buku Fiksi:
------------

Sebagai buku (bukan komik), cerita Sie Jin Kwie sudah berulang kali
ditulis dalam bahasa Indonesia, sejak tahun awal abad ke-XX

Fiksi Sie Jin Kwie dalam bahasa Indonesia (Melayu Rendah) dimulai
dengan "Wa Kang Tjap Peh LoHoan Ong" terbitan Kho Tjeng Bie
pada tahun 1912.
Disusul judul-judul fiksi tentang Kaisar Lie Sie Bin dari dinasti Tong
yang lainnya.

Beberapa judul terbit beberapa kali, sejak 1912 itu, sampai sekarang.
Misalnya saya punya "Lo Tong Tjeng Souw Pak", tulisan Kwee Khay Kee
(Monsieur Kekasih) tahun 1953. Juga "Sie Djin Koei Tjeng Tang (Soat
Tong Houw Toan)" dan Sie Djin Koei Tjeng See", lalu "Hong Kiauw -
Lie Tan", oleh penulis yang sama. Cerita fiksi ini dilanjutkan dengan
"Sih Kong" yang terbit dalam bentuk komik.

Selain itu di tahun 1993 muncul kembali "Sie Jin Kwie Berperang Ke Korea"
tulisan Marcus Aceng Setiawan (Marcus AS) yang dilanjutkannya dengan
menerbitkan "Sii Jin Kwie Berperang Ke Barat" di tahun 1998.

Tetapi Gan Kok Liang (Gan KL) koq rasanya malah tidak pernah menulis
tentang Sie Jin Kwie.
Apalagi di tahun 1980-an, di waktu almarhum praktis sudah tidak pernah
menulis lagi.

Wasalam.

Kirim email ke