Cak Loek, yak opo kabare? wah sukses bisa menghadirkan Knapp dan Ong di
Surabaya ya? Tampaknya beliau2 juga hadir di Jakarta.
Bicara ttg buku Knapp, memang bisa dikatakan bagus ya, paling tidak seharusnya
kita baca semua bukunya Knapp. Lama saya mencoba mendalami budaya Tghoa dari
sisi arsitektural (karena bangunan adalah unit terkecil dari sistem
arsitektural yg merupakan produk budaya), tetapi selalu terbentur pada 1 hal
apabila membaca buku2 ttg topik itu, yaitu kebanyakan buku menghadirkan massa
bangunan sebagai benda mati, yang diniknati dari sisi tektonic-nya. Padahal
dalam khazanah budaya Tghoa, sebuah bangunan (pun bila dikembangkan dalam skala
yg lebih luas: permukiman) baru berarti bila ia "dihidupkan", diberikan roh,
spirit oleh manusia yg menempatinya. Misalnya dalam rangkaian pola hunian
siheyuan di Tgkok selatan (contoh: fujian style houses), upacara sembahyang
memainkan peran amat penting karena saat upacara itu diadakan, saat itulah kita
akan melihat simbiosa tiga hal utama (bumi langit, dan manusia) dihadirkan
secara bersama2 dan yang menjadi medianya
 adalah siheyuan itu. Belajar ttg "tianjing" atau halaman yg memang berfungsi
sebagai "sumuran langit". Saya dulu banyak belajar filosofi ini dari Prof
Vincent Shen (National Chengchi Univ di Taipei).
Membaca buku Knapp, khususnya bagian "A Millionaire's Home: Kang family manor,
Henan Province" dan "A Grand Qing Manor and A Simple Ming Courtyard House: Qiao
Family Manor and Ding Family Village, Shanxi Province" mungkin akan terasa
biasa saja, tetapi akan lain rasanya apabila kita sudah menonton film Zhang
Yimou berjudul "Da Hong Deng Long Gao Gao Gua" alias "Raise the Red Lantern".
Di situ baru kita bisa rasakan bagaimana sebuah massa bangunan bisa "hidup",
dan silakan datang ke Pingyao (Provinsi Shanxi) untuk menyaksikan sendiri
bangunan itu.
eddy

---------------------------------------

10a. Re: Chinese Houses_the Architectural Heritage of a Nation
    Posted by: "[EMAIL PROTECTED]" [EMAIL PROTECTED]
    Date: Sun Jun 8, 2008 8:16 am ((PDT))

Quoting suryasmoro benyamin <[EMAIL PROTECTED]>:

> Kawan Pranajaya, untuk teman-teman yang tak bisa hadir seperti saya,
>  bisakah notulensi diskusi atau makalah Prof Knapp diposting ke
> milis  ini? Terima kasih banyak sebelumnya ya..

Mas Suryasmoro,

SEbaiknya malah kalau bisa memiliki buku tsb dan mungkin bisa jadi
lebih menarik kalau notulensinya bisa di forward juga sebab menyangkut
komentar Knapp terhadap buku tsb.Saya masih ingat kira-kira setahun
yang lalu dapat informasi dari Mas Edy Prabowo (Beijing UNiversity)
bahwa ada bukunya Knapp yang terbaru dan kebetulan waktu di
S'pore,saya melihat buku tsb dan setelah melihat isinya saya jadi ikut
sarannya Mas Edy untuk memiliki walaupun harganya yang hampir 100 $SGD
cukup menguras uang untuk keperluan yang lainnya.He...he....he....
provokasinya Mas EDy jadi berhasil.

salam

loek's

Messages in this topic (3)