Tidak hanya anda, sayapun merindukan INDONESIA MAJU, MAJULAH
INDONESIAKU..

Satu point penting yang belum disebutkan adalah Membangun SDM
Indonesia yang berkualitas, dimana sekarang untuk mendapatkan
pendidikan yang berkualitas di bangku sekolah itu, harus membayar
mahal. Apalagi bila akan melanjutkan ke perguruan tinggi (negri dan
swasta), berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk itu.
Pemerintah harus mencurahkan perhatian yang besar untuk pembangunan
SDM yang mempunyai intelektual dan moral yang bagus.
Negara miskin alam tapi mempunyai SDM yang berkualitas terbukti
sanggup membangun negaranya sejajar dengan negara maju, apalagi bila
negara kita yang kaya alam dan ditunjang oleh SDM yang bagus...

Sayang sekali...sungguh sayang...

Point lainnya adalah harus bisa melakukan otokritik terhadap negara
sendiri dan siap menerima perbedaan pendapat. Saya pernah mengkritik
negara sendiri, tapi kemudian mendapat email japri yang menanyakan
kenapa tidak tinggalkan negara ini kalau tidak suka negaranya...
membuat saya termenung lama..apakah mengkritik negara sendiri bisa
diartikan membenci?

Tiba tiba saya menjadi tidak bernafsu lagi...dan banyak menghabiskan
waktu di darat untuk berdiskusi dan belajar dari pada menulis dan
berdiskusi di dunia maya..

Semoga kita mempunyai pemimpin bangsa yang sanggup membawa bangsa
ini keluar dari keterpurukan..dan tak akan ada pemimpin bangsa yang
sanggup tanpa di dukung oleh rakyat...justru orang seperti anda lah
yang kita harapkan balik ke sini setelah menuntut ilmu di tempat
lain..untuk mengamalkan ilmunya...

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Adib M" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> (Tulisan dibawah ini saya tulis pada tanggal 12 April 2008 ketika
saya masih tinggal di China)

> Saat ini saya tinggal di China dan sangat merindukan Indonesia
bisa maju dan menemukan jaman keemasan, apakah itu hanya sebuah
mimpi belaka dan mimpi tersebut tidak akan pernah bisa terwujud ?.
Saya tidak bisa menjawabnya, saya hanyalah orang kecil seperti
sebutir debu dalam padang pasir yang sangat luas, saya hanyalah
orang kecil yang merindukan kemajuan bangsaku tercinta.

> Dalam keterbatasan saya sebagai orang kecil, saya mencoba mencari
apa saja sih yang bisa memajukan bangsaku, walaupun saya yakin point-
point ini mungkin sudah menjemukan untuk dibahas, dan mungkin bila
dibahas lebih jauh, maka akan ada ribuan point tambahan lainnya,
namun sekali lagi saat ini saya sedang merindukan kemajuan bangsaku,
point-point tersebut adalah :
> [...]
> 4. Korupsi, kolusi dan nepotisme benar-benar dihilangkan.
> 5. Pembangunan yang merata diseluruh penjuru tanah air.
>
> Dilain pihak rakyatnya juga harus mau merubah attitudenya, yaitu :
> 1. Mau disiplin dan jujur.
> 2. Tidak gengsian dan jauhi virus instant ingin cepat kaya.
> 3. Tidak banyak komentar dan tidak suka gossip.
> 4. Mau kerja keras, kerja cerdas dengan hati ikhlas dan bekerja
dengan penuh cinta.
> 5. Mau menghargai perbedaan dalam nafas persatuan.
> 6. Tidak mudah tersulut isyu dan mau meningkatkan mental
entrepreneur.
> 7. Mau menerapkan jiwa memberi, melayani, syukur dan sabar.
>
> Sekali lagi saya hanya orang kecil yang merindukan bangsaku maju,
setidaknya saya yang sebagai orang kecil akan memulai dari keluarga
dan lingkungan sekitar. Daripada banyak berkomentar namun tidak
pernah action, mending saya action dari hal-hal yang paling kecil.
Saya berpegangan pada sebuah pendapat yaitu, lebih hebat orang kecil
yang mau action dibanding orang besar yang hanya bisa berkomentar
saja tanpa action.