Sdr.Qhuqwayz,

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "qhuqwayz_aja"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> hai semua, mo numpang tanya nii...^_^
>
> 1. kl kue pia itu asal'y bener dr China kan y? ada yg tau sejarah'y
ga
> knp sampe di indonesia disebut bakpia, apalagi yg terkenal asal'y dr
> jogja?hehehehe. trus apa bedanya sama kue bulan & nopia?

Kue pua atau bing memang berasal dari Tiongkok, tapi bing sendiri
banyak macamnya disana.
Pia yang ada di Indonesia ini merupakan pia dari etnis Hokian dan
tentunya sejak kedatangan mereka itulah membuat makanan ini menjadi
meluas.

Bakpia atau roubing sebenarnya adalah pia yang diisi dengan daging.
Memang yang terkenal itu adalah bakpia di jl.Pathok Jogja atau yang
dikenal bakpia Phatok 26 ( mohon maaf jika saya salah ingat ).

Kue bulan memang disebut juga yue bing, yang membedakan adalah cara
pengolahan dan bahannya serta kulit dan isinya. Saya tidak paham
secara detail perbedaannya.
Tapi kue bulan sendiri di Tiongkok ada beberapa jenis berdasarkan
daerah.

> 2. kl kue ku itu ada brp jenis? ada apa aj? kl yg bentuknya kaya
> bakpau tp warna pink & isi'y ky kentang gitu, nama'y apa y? kue ku
jg
> bukan? ato kue ku cm yg isi'y kacang ijo warna'y merah?

Sepanjang yang saya ingat, kue ku adalah yang berisi kentang.
Sedangkan yang isinya kacang hijau seringnya disebut bakpao. Walau
mungkin sebutan itu salah karena bakpao sebenarnya adalah berisi
daging.

> 3. ada kue2 apa lagi yg asal'y dr tionghoa tp udh masuk ke
indonesia?

Sebenarnya banyak sekali. Tapi banyak yang mengalami perubahan
seperti kue keranjang atau nian gao.

> 4. trs, kalo orang tionghoa (hoakiau) diliat dr aspek pakaian, ada
> ciri khas'y ga? baik itu perempuan maupun laki2...

Pakaian adat orang Tionghoa memang ada. Secara umum disebut
tangzhuang tapi sekarang ini sudah mulai banyak yang mengenakan hanfu
pada beberapa peristiwa.

> 5. kalau koran tulisan kanji yg masuk ke indo, bs diperoleh'y gmn y?

Letak anda berada dimana ?
Jika di Jakarta, bisa cari di Glodok.

Hormat saya,

Xuan Tong
> mohon bantuan jawaban'y...trimakasiii....^_^

Kirim email ke