Dari pengamatan saya puluhan tahun, mas, manusia itu ber-macam2.
Banyak teman teman saya waktu SMA, kala itu zaman rock'n roll, rata
rata memakai baju gaya cowboy, ada yang pakai topi cowboy, jalan
meniru niru bintang layar. Kala itu Roy Rogers. Teman teman lain,
yang main band, paling senang memainkan lagu lagu rock (yang memang
banyak yang bagus sihh, seperti dari Bill Haley). Banyak yang malu
mengaku Jawa, dan dengan bangga katakan tak suka keroncong Jawa,
apalagi gamelan..

Mencari akar kita, merunut warisan leluhur, adalah seperti anda
katakan, sesuatu yang alami. Rasanya aenh sih, kalau kita, duduk
ditengah orang Barat, lalu merasa Barat seperti mereka, padahal ke
Barat-an adalah memang akar mereka. Model kita saja sudah demikian
beda ha ha ha

Salam budaya

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Fy Zhou <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sdr Teddy,
>
> hal2 begini memang tak ada rumusan yang baku, dalam budaya tak ada
istilah "harus seharusnya". semua sewajarnya berjalan alami. Jika
anda sendiri tak lagi akrab dng budaya Tionghoa, bagaimana anda bisa
berharap meneruskan ke anak2 anda?

> Orang berhak menangalkan budya asalnya, tapi seringkali, setelah
usia beranjak tua, orang tersebut akan merasa ada sesuatu yang
hilang! karena manusia tanpa akar akan kehilangan jati dirinya.
apalagi saat bertemu dng orang lain dng budaya masing2 yang kental.
anda akan merasa dangkal. maka sebelum terlambat, carilah akar
budayanya sendiri.

> Selamat mencari
> ZFy

IMlek,
> [...]
itu
> semakin kental karena tempat pemukiman kami dekat dengan klenteng.
> Banyak juga orang2 pribumi yang tinggal berdekatan dengan lingkungan
> kami juga melakukan hal yang sama, imlek juga ikut imlek, dsb. Nah,
> sekeluarnya dari perkampungan yang lama-lama dimasuki mayoritas (
maaf
> ) suku Madura, hilanglah juga kebudayaan tersebut. Begitu juga
dengan
> saya yang jadi jarang mengikuti atau ikut dalam budaya2 nenek moyang
> ini. Palingan juga ikut imlek, itu aja belum tentu dapet
angpao.Hehehe. ..
> Nah, apakah sekarang ( saya sudah keluar dari perkampungan ),menjadi
> suatu keharusan buat saya untuk kembali memakai budaya tionghoa
> tersebut? dan memperkenalkan pada anak2 saya kelak ( masih single
neh!
> ). Begitu....ataukah saya harus ikut budaya daerah setempat ?
> Tolong dikasih jawaban atas masalah saya ini...makasih. ..:P

Kirim email ke