From: Hendri Irawan <[EMAIL PROTECTED]>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 29, 2008 8:01:28 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: Budaya Tionghua VS Perkembangan Teknologi

Halo Ati,

Saya sih tidak sependapat dengan Ati. Menurut saya tema yang mau
dijual justru sejarah dan budaya Tionghua. Mulai dari awal yang
pukul-pukul gendang sampai dengan cerita kertas, kaligrafi, jalur
sutra, Rujia, opera Kunqu (ini favorit saya). Apalagi kalau menonton
yang CCTV, komentatornya lumayan tuh dalam menjelaskan. Walaupun
menurut saya kualitas sorotan kameranya masih kurang jikalau
dibandingkan dengan yang di TVRI (dari Amerika atau Eropa yah ?)

Hormat saya,

Yongde

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, Putih merpati
<merpati_dewa@ ...> wrote:

> Hi teman-teman,
>
> Pemikiran ini terlintas saat, melihat pembukaan olimpiade Beijing
beberapa waktu lalu, sekilas terlihat kemegahan dari sebuah prosesi
pembukaan yang wah....namun bicara dipandang dari nilai budaya
Tionghoa yang ditampilkan sangat minim dan kurang mencerminkan
kebesaran Budaya Tionghoa karena olimpiade diadakan di negara sumber
Budaya Tionghoa yaitu negara China maka semestinya begitu orang
menyaksikan adalah kagum pada budaya Tionghoanya yang kental dan
memiliki kedalaman.

> Dari situ terlihat kemunduran Budaya Tionghoanya namun banyak orang
yang telah terkagum-kagum pada penggunaan teknologi dan cara
presentasi ala Zhan Yi Mou sehingga tidak berpikir ke arah budayanya.

> Apa teman-teman merasakannya.
>
> Salam,
>
> Ati

Kirim email ke