> Siapa yang katakan, kalau yang disembelih itu orang miskin? yang kena
> jarah 98an dahulu Kapuk atau hunian Tionghoa benteng? Rumah pak Liem
> atau rumah tukang jual mie? yang dibakar massa pada kerusuhan Malari 74
> itu gambarnya Biankun atau orang Tionghoa miskin?

Maaf meluruskan:
- Sebelum jarahan Mei 98, sudah dimulai rentetan kerusuhan dan
penjarahan di kota-kota kecil sepanjang pantura, seperti Subang,
Cirebon, Brebes dan Losari (Feb 98). Korbannya pedagang kecil.

- Yang diserang memang rumah Pak Liem, tapi yang dibakar beneran
adalah orang kecil seperti pak Iwan Firman, yang sering muncul di TV
setiap kali Mei. Atau si gadis yang dilempar dari rukonya di
Jatinegara. Atau orang-orang yang dibakar di dalam mal Slipi Plaza dan
Klender. Juga toko2 kecil di sekitar Glodok.
Ini yang berkaitan dengan ras. Yang berkaitan dengan agama lebih
banyak lagi - Poso, Ambon, dll...

- Bahkan pembantaian anggota PKI dan Baperki juga bukan di Surabaya
atau Jakarta, tapi di kota kecil seperti Subang, Boyolali, Pasuruan,
Solo, Blora, Bali.

- Pergesekan dimulai dari BT: jelas bisa. Sekarang saja sudah banyak
"diskusi" ini yang menyebar ke kelompok2 lain, mungkin siap digunakan
untuk menebarkan kebencian terhadap agama tertentu suatu saat.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "danarhadi2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> berkepanjangan. Tanya mas Bud tuh, bagaimana panjangnya konflik sekolah
> Sang Timur..
>
> Kalau semua di BT sini rajin membahas bagaimana memasak Ifumie, anda
> yakin, tak ada pembantaian? Dimalam 30 September 1965 saya juga sedang
> damai damai makan di resto Jit Lok Yun dengan sobat saya, Frans Gan.
> Tiba tiba jlegerrr... meletus tembakan.... percaya dehhh... saya dan
> sahabat Frans Gan gak ngomongin apa apa...kami juga gak punya musuh
> kok, hanya sahabat, juga kalau rumah saya disekitar rumah rumah jendral

Kirim email ke