Didalam budaya Tionghoa, memang ada yang memakai kebiasaan menjelekan anak,
semisal untuk besanan, maka sesama calon besan akan menjelaskan kejelekan
masing masing anak nya, sehingga diharapkan setelah menikah kedua besan sudah
saling mengerti bila anak anak nya suka ribut .... :o), dengan kata lain
menjelekan di sini untuk menjaga agar nantinya ketika ada keributan keempat
orang tua tidak membela anak anak nya.

Sedang untuk menjelekan anak di bidang lain, biasanya dengan tujuan agar si
anak tidak takabur, memang situasi sekarang sudah berubah, orang tua yang suka
menjelekan anak berkurang, yang banyak membanggakan anak, bisa jadi karena
terjadi pergeseran budaya, padahal makna menjelekan anak dengan tujuan agar
sianak tidak takabur termasuk unik, daripada yang menjelekan nya orang lain.

Semisal........" anak gue bloon banget masak ulangan math nya dapat 5 "
 " anak gue payah, math nya dapat 5 "
" anak gue mathnya dapat 5 "
" anak gue math nya dapat 5 padahal biasanya dapat 4 "
" anak gue math nya dapat 5 sedang biasanya dapat 6 "

Silahkan renungkan.....yang mana yang terbaik.
Karena semua ucapan tersebut mengandung nilai psikologis yang berbeda akibatnya
terhadap si anak.

sur.
http://indolobby.blogspot.com