Terima kasih Pak Cipto,
Untuk kesepakatan/ijin kita sdh sepakat dg seluruh anggota keluarga yg masih
ada, yang kita tidak tahu adalah tata cara (ritual) yg biasa dilakukan
sebelum pengangkatan sampai kremasi

Jadi kalau boleh saya rangkum urutannya adalah bahwa sebelum mengangkat kita
harus sembahyang dulu, melakukan Simpoe, kremasi dan tebar abu ke laut

Satu pertanyaan lagi adalah apakah Simpoe ini sama dengan ritual "pak pwe"
untuk bertanya  kepada almarhum?
Mohon penjelasannya lagi.
Terimakasih

Rgds
David OHK

Pada tanggal 22/10/08, Purnama Sucipto Gunawan <[EMAIL PROTECTED]>
menulis:

>   Tata cara nya mau pake agama Apa ?, Setau saya sebelum pengengkatan
> kremasi jenasah yang pernah dimakamkan mau di perabukan biasanya harus
> dari seizin dari seluruh anggota keluarga, lalu bertanya melalui Sim
> poe kepada almarhum mau ngak diperabukan, waktu pengangkatan ada
> pemimpin upacaranya, dari agama tertentu, setelah diperabukan biasanya
> di buang ke laut dimaksud agar leluhur kita yang meninggal sudah lama
> agar bisa melalui perjalanan rekarnasi dulu, itu setau saya
>
> Terima kasih

> [...]

Kirim email ke