Koh David, mendingan minta bantu sama yang di kelenteng, yang khusus
urusin begitu.
Kemaren dulu keluarga gue juga melakukan hal serupa. Yang utama dan
nomer satu memang "cari hari baik" kalau di gue sih sampe cari
lootang segala, nanya yang di kubur mau nggak di "pindah rumah".
Soalnya kalau ternyata yang bersangkutan nggak mau, bisa runyam
urusan, begitu katanya.

Waktu angkat tulang belulang, cuman satu keturunannya yang boleh
lihat. Yang angkatnya juga bukan keturunannya sendiri, melainkan
si "orang pinter". Angkatnya mulai dari tulang kaki, kalau cowok sama
cewek di bedakan dulu angkat tulang yang kiri atau yang kanan begitu.
Paling akhir tulang kepala.

Iya tuh tulangnya dibersihin cuci cuci pake arak dulu, baru dimasukin
ke dalem guci, tyus gucinya di segel pake kertas merah dan hu.

Setelah masuk guci sih boleh boleh aja menunggu hari baik lagi untuk
kremasi nya. Tapi gucinya nggak dibawa pulang tuh, dititip di tempat
kremasi waktu itu sih.

Kalau gue sih kaga pake peti. Emang kremasinya mau pakai upacara apa
tah kok pakai peti? Di gue sih pake guci noh.